JAKARTA - Pemerintah pusat memita pemerintah daerah Sumatera Barat mempercepat penyelesaian pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat sampai Juni 2016. Permintaan itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenoek saat keduanya bertemu di Kantor Wakil Presiden, Senin (21/12/2015).

"Tadi audiensi kami dengan Wapres, petunjuk dan arahan beliau agar dilakukan percepatan pembangunan masjid raya. Beliau mendorong kalau bisa Juni bisa selesai,"ujar Reydonnyzar.

Selama 8 tahun sejak 2007, pemda baru menyelesaikan 65% tahap pembangunan masjid. Sisanya, 35% tahap pembangunan akan berupaya diselesaikan sampai Juni 2016.

Nantinya, masjid raya itu akan menjadi ikon Provinsi Sumbar. Layaknya Serambi Mekah di Aceh, Sumatera Barat akan dikenal sebagai Serambi Madinah.

Masjid yang dibangun di lahan Pemprov Sumbar seluas 11,3 hektar itu menelan biaya mencapai Rp202 miliar. Dia mengaku terdapat kekurangan biaya senilai Rp127 miliar.

"Kita sudah anggarkan secara bertahap ada sekitar Rp50 miliar dari APBD Sumbar. Mudah-mudahan bisa dipercepat, meski anhgaran yang dibutuhkan Rp127 miliar lagi," paparnya.

Terkait kekurangan dana tersebut, Wapres siap memobilisasi dana sampai pembangunan masjid tersebut rampung. Sejauh ini, Dewan Masjid Indonesia yang diketuai oleh Kalla juga memberi bantuan dana. (***)