MEDAN- Tim Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP USU) menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa  se - Sumatera Utara. Kegiatan LKTI ini adalah kerjasama FE Unimed dan SME&SR Partnership Program Area, PT. Pertamina Sumatera Bagian Utara, dan berlangsung di kampus FP Unimed, Kamis (10/12/2015).

Kegiatan ini diikuti puluhan tim dari beberapa kampus di Sumatera Utara. Seperti Unimed, USU, UMSU, UMA, Polmed, ITM, UINSU, STT Sabda, dan lainnya. Lomba dalam rangka HUT ke 58 Pertamina ini bertujuan membangun kreatifitas mahasiswa di Sumut dan menuliskannya dalam bentuk artikel ilmiah, sebagai solusi berbagai permasalahan yang menyangkut tentang energi.

Sementara temanya adalah “Kemandirian Energi untuk Indonesia Mendunia” dan sub tema  tentang  energi terbarukan,  energi ramah lingkungan dan efisiensi energi. Gelaran acara dibuka oleh Rektor Unimed diwakili Pembantu Rektor I  Prof. Dr. Abdul K Hamid, M.Pd, dan dihadiri oleh Jr. Asst. Monitoring & Evaluasi SME  Silvani Maiyestu, Dekan FE Unimed Prof. Indra Maipita, M.Si. Ph.D, Ketua Panitia M. Ali Fikri Hasibuan, M.Si  dan para dewan juri perwakilan dari tujuh fakultas di Unimed. 

Arung Buana, salah seorang peserta dari tim yang menjadi juara tersebut mengatakan, USU mengirimkan tujuh tim untuk mengikuti LKTI itu. Setelah mengikuti babak penyisihan, sebanyak 50 tim dari beberapa kampus kemudian menyampaikan presentasinya, dan akhirnya tiga tim USU berhasil meraih Juara I, Juara ke II , dan Juara Harapan II.

Indra Doli Nasution dan Rudi Purnomo dari Jurusan Agroteknologi keluar sebagai juara I. Mereka mempresentasikan karya tulis berjudul “Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Tumbuhan (PLTT) Dengan Memanfaatkan Sawah Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Masalah Krisis Listrik”. Lokasi penelitian di Desa Hopong, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara, dengan mengangkat isu krisis listrik di desa itu dan wilayah Sumut secara umum.  

Juara II dengan tim terdiri dari Indra Elizar (Jurusan Agroteknologi) dan M Rizal (FKM) mengangkat judul “Landfill Gas Independent Energi Pengembangan Dana CSR Melalui Konservasi Energi Dengan Konsep Landfill Gas Sebagai Supplier Kemandirian Energi Indonesia 2015”.  

Juara Harapan II dengan tim terdiri dari Arung Buana dan Ari Fradana Nasution (Jurusan Agroteknologi) dengan judul “Pemanfaatan Limbah Kakao Menjadi Biogas Dengan Teknologi Biodigester Plastik Sebagai Upaya Ketersediaan Energi dan Peningkatan Ekonomi Kabupaten Karo”.  

Arung sebagai peraih sedikitnya 18 prestasi nasional dan internasional itu menyebutkan, enam tim terbaik mendapatkan hadiah utama dengan total sekitar Rp. 15.500.000. “Kami sebagai Juara I mendapat Rp. 5 juta, Juara II mendapat Rp. 3,5 juta, dan Juara Harapan II mendapat Rp. 1,5 juta. (mz)