BANDA ACEH - Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengakatan, Aceh memiliki potensi wista yang sangat bagus dan tak kalah dari provinsi tetangga Sumut. Karena itu Aceh harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di bidang pariwisata. "Potensi wisata Aceh bagus dan tidak kalah menariknya dengan daerah lain di Indonesia," kata Menpar, Minggu (13/15) saat peringatan puncak Hari Nusantara ke-15 ketika mendampingi Wapres-RI di Lampulo, Banda Aceh.

Lebih lanjut Arief Yahya mengatakan, Kementerian Pariwisata siap mendukung pengembangan pariwisata Aceh, dalam hal ini yang amat penting adalah memperkuat SDM yang handal dalam pelayanan jasa.

"Meskipun di Aceh belum ada perguruan tinggi kejuruan (pariwisata), namun pemerintah Aceh bisa mengirim tenaga didik ke Sumatera Utara (Sumut)," ujarnya ketika diwawancari awak media.

Dia menambahkan, hampir setiap tahun Sumut terus meningkat kunjungan wisatawannya, dan Aceh harus berperan aktif ikut andil dalam pengembagan industri wisata di Indonesia.

"Sumut terus meningkat wisatanya, masak Aceh yang memilik potensi wisata yang bagus bisa kalah dari sumut," tuturnya sembari meninggalkan wartawan dan kembali mendampngi Wapres Muhammad Jusuf Kalla.***