MEDAN - Karang Taruna Kota Medan diharapkan menjadi sebuah organisasi yang lebih solid ke luar dan ke dalam usai terselenggaranya rapat kerja (rapat) tahunan itu. Demikian disampaikan Wali Kota Medan diwakili Kepala Bidang Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Medan, H Irfan Syarif Siregar MSi saat membuka Raker di Aula Pertamina UPMS 1 Jl. KL Yos Sudarso Medan, Senin (23/10/2017).

Dikatakannya, Pemko Medan akan terus mendorong kegiatan-kegiatan Karang Taruna untuk bersinergi dengan dinas-dinas.

"Karang Taruna bagi Pemko Medan merupakan pilar pembangunan sosial, sehingga keberadannya sangat penting," ujarnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Medan M Akhiruddin Nasution mengatakan, hari ini pihaknya membuktikan mampu mandiri menyelenggarakan acara Raker, tanpa bantuan dana APBD namun kesemuanya hasil kerja keras pengurus.

"Hari ini juga Karang Taruna Medan telah membuktikan, walau belum memiliki anggaran rutin namun begitu dilantik sudah langsung bekerja menjalankan berbagai program," katanya.

Karang Taruna Medan telah membentuk koperasi, lembaga kewirausahaan, lembaga bantuan hukum dan portal berita Karangtarunanews.com yang semuanya dibentuk untuk mendukung kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Ketua Karang Sumatera Utara H Solahuddin Nasution mengakui pengurus Karang Taruna Kota Medan luar biasa, di tengah berbagai kekurangan baik dukungan dana maupun sarana tapi mampu menjalankan program dengan baik dan hasilnya sudah terlihat di masyarakat.

"Kepengurusan baru enam bulan tapi sudah luar biasa. Tanpa dukungan dana APBD mereka terus berjalan, menalangi dengan dana sendiri. Ini prestasi, saya pun menyahuti, menghargai melalui program yang digulirkan dari Karang Taruna provinsi," katanya.

Dia pun bangga, kader-kader di bawah mulai nampak berbuat, bukan sekadar mengejar jabatan.

"Sebaiknya ini yang perlu terus disinkronkan. Koordinasikan terus dengan dinas-dinas terkait agar Karang Taruna bisa ambil bagian dalam banyak program yang dijalankan Pemko Medan," serunya.

Raker ini, kata Ketua Pantia OK Hafifuddin SSos, diikuti 15 kecamatan yang masing-masing mengutus tiga orang peserta bertujuan menghasilkan program-program yang menjadi prioritas khususnya dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada dan sedang berkembang di Kota Medan.

Acara ini turut dihadiri Ketua Karang Taruna Sumatera Utara, H. Solahuddin Nasution, mewakili Dispora Medan Alfiansyah Purba, mewakili Dandim 0201/BS Azwar, mewakili Koramil 01/MB Pahlil K, mewakili Kesbangpol Linmas Medan Laksamana Putra Siregar, Sekretaris Camat Medan Barat Dedy Nasution, serta Majelis Pertimbangan Karang Taruna Medan (MPKT) Kota Medan di antaranya Hj Nazla Chairani, Aliansyah S Shu (Acai Jaya), M Nasir Harahap, dan lainnya.