Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Cerita Jalan Mengerikan di China

Cerita Jalan Mengerikan di China
Jalan Mengerikan di China
Selasa, 10 Januari 2017 10:00 WIB
QINGLONG - Siapa sangka, China punya jalanan yang mengerikan. Jalanan di lereng gunung yang berlika-liku sebanyak 24 tikungan!Dilansir dari CNN Travel, Selasa (10/1/2017) Kota Qinlong berlokasi di Provinsi Yunnan. Berjarak sekitar 4 jam dari Kota Beijing, kota yang berada di wilayah pegunungan ini punya jalanan yang disebut-sebut mengerikan di China.

Jalanan tersebut berada di lereng gunung, yang sebenarnya masuk dalam Provinsi Guizhou, tetangganya Provinsi Yunnan. Namun, lebih dekat jika dari Kota Qinlong. Jalanannya berzig-zag dan memiliki 24 tikungan!

Jika ditotal, panjang 24 tikungan tersebut mencapai jarak 4 km. Tentu, butuh jam terbang tinggi dalam mengendarai kendaraan jika melintas ke sana. Harus pinta-pintar dan tahu waktu yang tepat, kapan menginjak gas dan kapan memainkan rem.

Usut punya usut, jalanan tersebut ternyata punya sejarah. Adalah Jenderal AS Joseph Stillwell, yang membangun jalanan pada masa Perang Dunia II. Dia juga yang menjadikan Kota Qinlong menjadi basecamp tentara AS dan sekutu untuk menghadapi Jepang (yang saat itu Jepang berusaha menduduki China).

Asal tahu saja, jalanan itu dulu dilintasi oleh truk-truk besar. Truk-truk yang mengangkut persedian makanan hingga pasokan senjata. Jika ditotal selama satu bulan, total berat bawaan truk yang melintas ke sana mencapai 15.000 ton.

loading...
Seorang mantan supir truk yang bekerja untuk militer AS asal China, Lin Kongxun menceritakan pengalamannya melewati jalanan itu. Menurutnya, saat musim panas tiba setelah musim hujan maka jalanan akan benar-benar berbahaya dan licin. Tak sedikit, truk yang jatuh dan nyungsep ke jurang. Satu lagi, pembatasnya hanya berupa tumpukan karung saja dan itu sampai sekarang!

"Setiap kali supir truk melewati jalan ini, mereka pasti akan berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan," ujarnya.

Kini, jalanan berlika-liku sebanyak 24 tikungan di sana hanya dipakai oleh masyarakat setempat. Sempat terkena banjir dan ditutup, tapi jalanannya masih baik dan cukup terawat. Mungkin, kamu berminat menjajal jalanan mengerikan di China ini?

Ads
Editor : Sisie
Sumber : Detik.com
Kategori : SerbaSerbi
www www