Van Dijk, Ronaldo dan Messi Masuk Nominasi UEFA Player of the Year

Van Dijk, Ronaldo dan Messi Masuk Nominasi UEFA Player of the Year
Jum'at, 16 Agustus 2019 00:28 WIB

JAKARTA - Bek Liverpool Virgil Van Dijk serta Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dinominasikan untuk meraih penghargaan UEFA Player of the Year.



Van Dijk tampil istimewa bagi Liverpool pada musim 2018-19 kemarin. Ia membuat lini pertahanan The Reds menjadi sangat kokoh dan membuat pemain di sekelilingnya bermain lebih baik. Ia juga membawa Liverpool bersaing untuk meraih trofi Premier League. The Reds sendiri akhirnya cuma kalah sekali saja di sepanjang musim.

Namun pada akhirnya mereka tetap kalah dari Manchester City. Mereka kalah dengan selisih satu poin saja. Akan tetapi di kompetisi Liga Champions, Van Dijk berhasil mengantarkan Liverpool jadi juara. Di final The Reds mengalahkan Tottenham dengan skor 2-0.

Ini adalah pertama kalinya seorang bek menjadi salah satu dari tiga kandidat untuk meraih penghargaan ini sejak pertama dihelat pada musim 2010/2011 silam. Sementara itu bagi Ronaldo, sejak awal ia selalu masuk dalam daftar nominasi tersebut.

Ads
Superstar Juventus itu sejauh ini telah memenangi penghargaan tersebut sebanyak tiga kali. Sementara itu sang superstar Barcelona, Messi, baru memenanginya dua kali.

Penghargaan untuk Pesepakbola Perempuan

UEFA juga merilis penghargaan untuk pesepakbola perempuan. Ada tiga kandidat peraih UEFA Women's Player of the Year award ini.

Ketiganya adalah Lucy Bronze, Ada Hegerberg dan Amandine Henry. Dari ketiganya, hanya Hegerberg yang tak ikut serta dalam ajang Piala Dunia 2019 pada musim panas kemarin. Namun ia tampil apik bersama klubnya, Lyon. Ia mencetak 20 gol dan menambahkan 11 assist di liga Prancis.

Mekanisme Pemilihan

Daftar tiga pemain di kategori pemain pria ini dipilih oleh juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang berpartisipasi dalam babak grup Liga Champions UEFA 2018/19 dan Liga Eropa UEFA. Selain itu ada juga 55 juri yang merupakan jurnalis dari masing-masing 55 anggota asosiasi UEFA.

Untuk pemilihan pemain di kategori perempuan, ketiganya dipilih oleh juri yang terdiri dari pelatih 12 tim berperingkat tertinggi dalam peringkat tim nasional wanita UEFA terbaru. Selain itu ada juga pelatih dari delapan klub yang berpartisipasi di perempat final Liga Champions Wanita 2018/19 UEFA dan 20 jurnalis sepakbola khusus wanita.

Penghargaan tersebut akan diberikan pada saat digelarnya undian babak grup Liga Champions UEFA 2019/20. Acara ini rencananya dilangsungkan di Monaco, 29 Agustus 2019 mendatang.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Bola.net
Kategori:Soccer
wwwwww