SAMARA- Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, menganggap laga melawan Swedia di Samara Arena, Sabtu 7 Julli 2018, pukul 21.00 WIB, tidak akan berjalan mudah para pemain asuhannya. Southgate memandang Swedian memiliki level permainan yang sama dengan tim berjuluk The Three Lions itu.

Hal itu tampaknya akan terjadi pada pertandingan perempatfinal Piala Dunia 2018 tersebut. Terlebih lagi, rekor pertemuan antara Inggris kontra Swedia pun tidaklah terlalu baik di mana Inggris hanya mampu menang delapan kali, menderita tujuh kekalahan dan sembilan laga sisanya berakhir imbang.

Dari total 24 kali pertemuan itu terlihat kekuatan kedua tim cukup seimbang sehingga menghasikan catatan yang nyaris seimbang. Bahkan pada pertemuan terakhir kali kedua tim pada laga persahabatan, Inggris harus kalah telak dengan skor akhir 2-4.

Saat itu Inggris sejatinya dapat unggul lebih dulu melalui gol Danny Welbeck dan Steven Culker, tetapi Zlatan Ibrahimovich mampu membuat quatrick untuk membalikkan keadaan. Demi membalas kekalhan terakhir itu, maka Inggris diwajibkan tampil dengan kemampuan maksimal.

“Itu akan menjadi pertandingan yang sulit, karena Swedia sering diremehkan dan saya sangat menghormati Swedia. Mereka selalu melebihi dari apa yang dipikirkan orang lain. Rekor pertemuan kami dengan mereka adalah satu hal yang perlu kami perbaiki. Akan tetapi, saya pikir kami selalu melihat mereka ada di level yang sama dan catatan turnamen mereka bahkan lebih baik dari kami,” ungkap Southgate, seperti yang diwartakan Skysport, Kamis (5/7/2018).