Manchester United menciptakan peluang lebih sedikit ketimbang Southampton di Liga Inggris musim ini, namun setelah penampilan Romelu Lukaku sebagai kreator pertandingan saat melawan Leicester City, Jose Mourinho mungkin telah menemukan jalan baru bagi United untuk tetap berada dalam jalur perburuan gelar.

United membuat awal yang buruk musim ini, hanya memenangkan empat dari lima pertandingan pembukaan liga mereka dan mencetak 16 gol dengan serangan yang dipelopori striker baru Lukaku.

Namun, setelah mencetak 10 gol dari sembilan pertandingan pertamanya di semua kompetisi, gol tersebut telah mengering bagi pemain asal Belgia itu, dengan tim Mourinho sekarang membuntuti pemunca klasemen Manchester City dengan selisih 13 poin.

United menjamu Burnley ke Old Trafford di pertandingan liga pada Selasa dengan jadwal mendatang yang sibuk - waktu yang tepat bagi Lukaku untuk menemukan performa baru dalam permainannya saat ia tidak mencetak gol.

Pada Sabtu, striker tersebut memainkan peran yang tidak biasa, tanpa pemain lain di King Power Stadium yang menciptakan lebih banyak peluang bagi rekan setimnya.

"Peran Lukaku sangat berbeda," kata mantan bek United Gary Neville. "Peluang yang dia ciptakan seharusnya bisa memenangkan pertandingan. Sumbangannya akan menyenangkan Mourinho."

Lukaku menciptakan dua peluang emas untuk Martial dan Jesse Lingard dengan umpan balik dari barisan pertahanan, namun keduanya tidak memaksimalkan peluang tersebut.

Kelengahan saat melawan Burnley berarti posisi United di peringkat kedua klasemen akan terancaman, karena Chelsea juga mengintai di urutan ketiga dengan selisih tiga poin.

Paul Pogba memiliki lima assist meski telah memainkan hanya sembilan pertandingan Liga Inggris, namun kemampuannya mengolah bola membuatnya menjadi pemain yang bisa diandalkan. Lukaku, di sisi lain, adalah striker yang tidak dikenal dalam wilayah kreativitas. Namun, setelah menciptakan tiga peluang besar sepanjang musim sebelum Sabtu, Lukaku membuktikan bahwa ia bisa menyesuaikan permainannya untuk memberi lebih banyak pilihan kepada Mourinho.

Selama masa pertandingan yang sibuk, di mana ada kemungkinan pemuncak klasemen Manchester City tergelincir saat mengalami kekalahan, United setidaknya mampu memberi tekanan pada saingan mereka dan Lukaku bisa membungkam keraguannya dengan cara lain selain dari hanya mencetak gol. Demikian laporan Reuters.