JAKARTA- Memasuki akhir tahun 2017 alias berakhirnya paruh awal kompetisi musim ini, Serie A menunjukkan bahwa kompetisi mereka sejauh ini merupakan kompetisi yang paling ketat bila dibandingkan liga-liga elite lainnya.

Posisi puncak klasemen Serie A saat ini ditempati oleh Napoli dengan nilai 45 poin. Napoli tampil apik di awal musim ini dengan catatan 14 kemenangan, 3 imbang, dan hanya sekali menelan kekalahan. Meski demikian, Napoli hanya punya selisih satu poin dibandingkan peringkat kedua Juventus.

Selisih satu poin yang ada di antara Napoli dan Juventus itu merupakan selisih poin paling sedikit dibandingkan empat liga elite lainnya, yaitu Liga Primer Inggris, La Liga, Bundesliga, dan Ligue 1.
Selisih sembilan angka juga ada di Bundesliga (Bayern Munich dan Schalke) serta Ligue 1 (Paris Saint-Germain dan AS Monaco).

Di Serie A, selisih antara Napoli dengan AS Roma yang ada di peringkat keempat hanya tujuh poin, jauh lebih kecil dibandingkan Liga Primer Inggris saat Manchester City unggul 20 poin atas Liverpool.

Pada La Liga, Barcelona terpaut 14 angka dari Real Madrid, Bayern Munich unggul 13 poin dari Bayer Leverkusen, sedangkan Paris Saint-Germain berselisih 12 angka dari Marseille.

Menilik performa apik Manchester City, maka ‘The Citizens’ bisa jadi tim pertama yang memastikan titel juara liga musim ini dibandingkan tim-tim lainnya di liga elite Eropa.