Korsel dan Arab Saudi Negara 7 dan 8 Lolos ke Piala Dunia 2018

Korsel dan Arab Saudi Negara 7 dan 8 Lolos ke Piala Dunia 2018
Gelandang Arab Saudi Fahad Al Muwallad saat merayakan gol ke gawang Jepang tadi malam
Rabu, 06 September 2017 09:07 WIB

JAKARTA - Berturut-turut, setelah Korea Selatan (Korsel), Arab Saudi memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Sukses ini dipastikan setelah Arab Saudi menang tipis 1-0 atas tamunya Jepang dalam laga pamungkas Grup B kualifikasi zona Asia di King Abdullah Sports City, Jeddah, Rabu (6/9/2017). Al-Muwallad tampil menjadi pahlawan kemenangan Arab Saudi.

 

Arab Saudi memastikan diri lolos dengan status runner-up Grup B. Sedangkan, Jepang yang sebelumnya sudah memastikan tiket putaran final Piala Dunia 2018, masih tetap berada di puncak klasemen Grup B. Jepang juga dipastikan lolos ke putaran final, dengan status juara Grup B.

Negara Timur Tengah itu, lolos ke Rusia dengan nilai 19 sekaligus menyisihkan pesaingnya Australia. Mereka sebenarnya mengemas nilai sama 19 setelah menundukkan Thailand dengan skor 2-1 di Melbourne. 

Namun, Arab Saudi unggul selisih gol dibandingkan dengan Australia. Aaron Mooy cs harus melewati putaran keempat kualifikasi zona Asia, sebelum melangkah ke playoff dan masuk ke putaran final.

Sebelumnya, Korea Selatan juga berhasil merebut tiket putaran final Piala Dunia 2018. Itu setelah dalam pertandingan terakhir Grup A putaran ketiga Pra-Piala Dunia zona Asia, mereka menahan imbang tuan rumah Uzbekistan 0-0 di Stadion Bunyhodkor di Tashkent.

Korsel menempati posisi kedua dalam klasemen akhir Grup A Pra-Piala Dunia 2018 zona Asia dengan koleksi nilai 15, unggul dua poin ketimbang Uzbekistan di posisi ketiga.

Kedua negara Asia itu menjadi negara ke-7 dan ke-8 lolos ke Piala Dunia tidak termasuk tuan rumah Rusia, di mana sebelumnya Brasil negara pertama lolos disusul Iran, Jepang, Meksiko dan Belgia.

loading...
Sebelumnya, 6 negara telah dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Rusia yang menjadi tuan rumah menjadi salah satu negara yang telah memastikan tiket ke Piala Dunia 2018.

Ini bakal menjadi penampilan ke-11 Rusia di Piala Dunia. Pertama kali mereka tampil di ajang paling bergengsi di dunia sepak bola ini terjadi pada 1958.

Negara kedua yang telah memastikan tiket putaran final  Piala Dunia adalah Brasil. Pengoleksi lima gelar Piala Dunia ini lolos setelah melalui babak round robin di zona Conmebol.

Dua wakil Asia, Iran dan Jepang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018. Iran memastikan tiket ke Rusia pada 12 Juni 2017, sedangkan Jepang pada 31 Agustus 2017.

Meksiko yang berada di puncak klasemen zona Concacaf dengan 17 poin juga sudah memastikan tiket ke Piala Dunia tahun depan. Ini menjadi penampilan ke-16 Meksiki di putaran final Piala Dunia.

Negara terakhir yang telah memastikan diri ke Piala Dunia 2018 adalah Belgia. Romelu Lukaku dan kawan-kawan memastikan tiket mereka pada 3 September 2017 setelah menang 2-1 atas Yunani.

Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:liputan6.com
Kategori:Soccer
wwwwww