PARIS - PSG baru saja memecahkan rekor transfer dunia untuk pembelian Neymar dari Barcelona dengan harga 222 juta euro atau sekitar Rp 3,4 triliun.

PSG sudah mengejar pemain bintang Brasil tersebut selama hampir dua pekan untuk membawanya ke Parc des Princes. Tujuannya tidak lain untuk mengembalikan kejayaan klub tersebut setelah tahun lalu gelar juara liga jatuh ke Monaco. 

PSG juga memiliki ambisi menjadi juara Liga Champions dan Neymar diharapkan mampu mewujudkan ekspektasi PSG.

Neymar menghuni skuad Barcelona sejak 2013 setelah dibeli dari klub Brasil, Santos. Selama hampir empat tahun bersama Barca, Neymar sudah mencicipi delapan gelar juara. Neymar juga mencetak 105 gol dan 80 assist dalam 186 penampilannya di semua kompetisi bersama Azulgrana.

Sejak diambilalih Qatar Sport Investmen (QSI), PSG kini menjelma menjadi salah satu klub kaya Eropa. Tak heran, bila mereka royal dalam hal belanja pemain mahal. Berikut beberapa pemain yang diakuisisi PSG dengan nilai transfer mahal versi FourFourTwo.com.

1. Edinson Cavani

Striker Uruguay tersebut direkrut dari Napoli pada tahun 2013. Cavani tidak langsung bersinar bersama PSG lantaran saat itu dia harus berbagi peran utama dengan Zlatan Ibrahimovic. Setelah kepergian Ibrahimovic, Cavani langsung produktif dengan mencetak 49 gol dalam 50 pertandingan di semua kompetisi musim lalu.

2. Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic membantu memberikan gelar liga pertama PSG sejak tahun 1994 di musim pertamanya. Mantan bomber AC Milan dan Inter Milan itu juga menjadi pencetak gol terbanyak klub tersebut dengan jumlah 156 gol.

3. David Luiz

Bek Brasil itu menjadi pemain bertahan termahal saat diboyong PSG dari Chelsea pada 2014 dengan harga 62,8 juta euro (Rp 948 miliar). Selama dua tahun membela PSG, David Luiz mencicipi dua gelar juara liga, dua Copue de France, dan dua Coupes de la Ligue, juga dua Trophees des Champions.

4. Thiago Silva

Pemain asal Brasil yang diklaim sebagai bek terbaik di dunia itu diboyong PSG dari AC Milan pada 2012 dengan nilai transfer sebesar 42 juta euro. Silva pun membuktikan klaim tersebut dengan permainan impressinya selama membela PSG.

5. Angel Di Maria

Setelah mimpi buruk satu musim di Manchester United, Di Maria telah menemukan kembali bentuk terbaiknya di Parc des Princes. Pemain Argentina itu mencetak 16 gol dan membukukan 25 assist di Ligue 1 dalam dua musim. 

Di Maria juga berperan penting saat PSG menghancurkan Barcelona pada leg pertama perempat final Liga Champions dengan skor 4-0.

6. Julian Draxler

Draxler diboyong PSG dari Wolfsburg pada 31 Januari 2017 dengan nilai transfer sebesar 34 juta poundsterling. Dexler ikut merontokkan Barca saat leg pertama babak perempat final Liga Champions musim lalu. Dexler pun kini menjadi salah satu andalan pelatih Uni Emery.