ROMA - Sosok legendaris AS Roma, Francesco Totti, akhirnya memutuskan berhenti sebagai pemain. Pria 40 tahun ini diumumkan menjadi direktur di klub yang selama 25 tahun jadi satu-satunya tim profesionalnya.

AS Roma mengatakan Totti kini "tidak sabar untuk membawa hasrat dan determinasi yang sama seperti yang ia miliki sebagai pemain kepada peran barunya. Ketika ia mulai bekerja sebagai direktur untuk klub masa kecilnya."


Totti, yang akan bekerja bersama dengan direktur olahraga Monchi dan pelatih Eusebio Di Francesco, menyadari akhir hari-hari bermainnya. "Bagian pertama sudah selesai, sebagai seorang pemain, dan kini memulai pekerjaan penting lain sebagai seorang direktur, di mana mudah-mudahan saya dapat memiliki dampak serupa seperti yang saya lakukan di lapangan," ucapnya.

"Merupakan hal indah untuk memainkan permainan ini, namun semuanya harus berakhir. Ini telah 25 tahun dan begitu banyak hubungan indah dengan Roma," kata Totti lagi.

Totti melakukan debutnya sebagai pemain 16 tahun saat timnya menang 2-0 atas Brescia pada 1993 dan bermain di bawah arahan 16 pelatih yang berbeda dalam 25 musimnya di klub, di kota tempat ia dilahirkan.

Total ia mencatatkan 786 pertandingan, mencetak 307 gol termasuk 250 gol di Liga Italia -- rekor tertinggi peringkat kedua setelah Silvio Piola antara 1929 sampai 1954.

Memenangi Piala Dunia bersama Italia pada 2006, raihan trofi Totti bersama Roma tidak terlalu spektakluer. Ia hanya satu gelar Liga Italia pada 2001 dan dua medali pemenang Piala Italia.