Mugello - Valentino Rossi merasa sedikit khawatir menjelang seri MotoGP berikutnya di Catalunya. Kekhawatiran pebalap Movistar Yamaha itu terkait kondisi trek yang tak bersahabat. MotoGP Catalunya menjadi seri ketujuh dalam kalender MotoGP tahun ini. Balapan akan dilangsungkan di Sirkuit Catalunya pada Minggu (11/6/2017) mendatang.

Rossi memenangi balapan di Catalunya pada tahun lalu setelah mengalahkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Itulah kemenangan terakhir Rossi di MotoGP sampai sekarang.

Menjelang balapan pada akhir pekan ini, Rossi menyimpan kekhawatiran terkait kondisi sirkuit. 

"Saya sedikit khawatir karena aspal di Barcelona sangat buruk dan level grip di sana sangat rendah," ucap Rossi seperti dikutip Motorsport.com.

"Di Jerez dengan kondisi seperti itu, kami menderita dengan motor kami. Namun, masih terlalu dini untuk mengatakannya," imbuh Rossi.

Dalam balapan di Jerez, awal Mei lalu, Rossi cuma finis di posisi kesepuluh. Sementara itu, rekan setimnya, Maverick Vinales, finis di urutan keenam.

"Meski begitu, saya menyukai Barcelona. Saya sangat menyukai sirkuitnya, juga dengan layout yang baru," kata Rossi, merujuk pada perubahan desain sirkuit yang dilakukan setelah terjadinya kecelakaan fatal yang dialami oleh Luis Salom pada tahun lalu.

Rossi finis di posisi keempat dalam balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, akhir pekan lalu. Kondisi fisik Rossi di Mugello belum prima akibat kecelakaan motocross yang dialaminya baru-baru ini.

"Akan lebih baik jika saya punya waktu ekstra satu pekan, tapi dua balapan secara beruntun, ini akan berat. Namun, jika saya terus pulih seperti ini, perbedaan satu pekan akan penting," kata Rossi.

Rossi kini menempati posisi ketiga di klasemen pebalap dengan perolehan 75 poin. The Doctor ada di bawah Vinales (105 poin) dan Andrea Dovizioso (79 poin).