AMSTERDAM-Bek Joel Veltman mencetak dua gol ketika Belanda tampil apik untuk menundukkan Pantai Gading dengan skor 5-0 pada pertandingan persahabatan yang berlangsung di Rotterdam pada Minggu. Gol-gol dari Arjen Robben, Davy Klaassen, dan Vincent Janssen melengkapi penderitaan Pantai Gading, yang menelan kekalahan terbesar mereka di sepak bola internasional.

Hasil ini menyuntik semangat bagi pelatih Belanda Dick Advocaat, yang mengambil alih tim dari pelatih sementara Fred Grim setelah pertandingan ini dan berharap dapat mengembalikan kepercayaan diri tim ketika mereka menatap perjuangan di kualifikasi Piala Dunia.

Pertandingan ini memberikan dasar sempurna terhadap pertandingan kualifikasi mereka selanjutnya melawan Luxemburg di arena yang sama pada Jumat.

Belanda berada di peringkat keempat saat kualifikasi Piala Dunia Grup A Eropa telah berlangsung separuh jalan, dengan koleksi tujuh angka dari lima pertandingan, tertinggal enam angka dari Prancis, tertinggal tiga angka dari tim peringkat kedua Swedia, dan dua angka dari Bulgaria. 

Veltman membukukan gol pembukaan pada menit ke-13 ketika ia tidak terkawal pada situasi tendangan sudut dan menanduk bola melewati kiper Pantai Gading Badra Ali Sangare, salah satu pemain "home base" di skuad mereka.

Belanda mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan mereka ketika Janssen dijatuhkan di kotak penalti oleh Sangare, dan Robben mengonversi penalti.

Gol kedua Veltmann juga tercipta dari tendangan sudut ketika bola dimainkan pendek ke Robben, dan bola kirimannya disambar menjadi gol oleh sang pemain belakang.

Lubang-lubang mulai terlihat pada tim juara Afrika 2015 ini dan ketika Janssen berada di tepi lapangan dan menyodorkan bola ke kotak penalti pada menit ke-69, Klaassen tidak mendapat kesulitan untuk melepaskan sepakannya menuju ke gawang.

Skor berubah menjadi 5-0 enam menit kemudian ketika Hanssen mencetak gol dengan memanfaatkan bola hasil Sangare menepis tembakan Georginio Wijnaldum yang jatuh ke jalur pergerakannya, dan penyerang Tottenham Hotspur itu menyambar bola pantul.

Pelatih Pantai Gading Marc Wilmots akan mengharapkan penampilan yang jauh lebih baik ketika mereka menjamu Guinea pada pertandingan kualifikasi Piala Afrika yang berlangsung pada Jumat, demikian Reuters.