CARDIFF - Barcelona mengucapkan selamat kepada Real Madrid yang baru saja menorehkan sejarah sebagai klub pertama yang memenangkan trofi Liga Champions dalam dua musim berturut-turut setelah mengalahkan Juventus dengan skor 4-1. Ucapan itu disampaikannya melalui akun media sosial Twitter.

"Selamat @ Realmadrid untuk memenangkan piala di Cardiff," tulis akun resmi Barcelona (@FCBarcelona).

Pesan yang disampaikan Barcelona melalui akun jejaring sosial merupakan sebuah bentuk sportivitas. Ini cukup mengejutkan mengingat Barcelona dan Madrid memiliki rentetan sejarah permusuhan yang panjang.

Namun Barcelona tetap menunjukkan kekagumannya terhadap Madrid yang sukses memenangkan kompetisi antarklub Eropa. Pada pertandingan yang berlangsung di National Stadium of Wales, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB, Los Blancos tidak hanya menorehkan sejarah sebagai klub yang mampu mempertahankan gelar saja.

Tim besutan Zinedine Zidane juga sukses mencatatkan sebagai satu-satunya klub yang mampu mencatatkan 500 gol di Liga Champions. Barcelona berada di urutan kedua dengan 459 gol disusul Bayern Muenchen (415), Manchester United (350), dan Arsenal (281).

Madrid pun sukses mengawinkan trofi Liga Champions 2016/2017 dan Liga Spanyol. Bisa dikatakan, mereka mampu merebut dua trofi dalam satu musim untuk pertama kalinya pada 1957/58 atau sejak 59 tahun yang lalu.