JAKARTA- Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan hukuman dua laga dan denda Rp 20 juta kepada Rezaldi Hehanusa. Bek kiri Persija Jakarta itu mangkir dari panggilan Timnas Indonesia U-22. Pada panggilan pemusatan latihan timnas pada 7-10 Mei 2017, Rezaldi tak menampakkan batang hidungnya di hadapan pelatih timnas, Luis Milla. Pemain 21 tahun itu tidak bergabung dengan skuat bentukan Milla lantaran mengaku sedang dalam kondisi sakit.

Namun, saat Persija bertandang ke markas Persela Lamongan pada 10 Mei lalu, Rezaldi malah main selama 90 menit.

Melihat hal itu, Komdis menilai bahwa Rezaldi telah 'berbohong'. Dia pun harus menerima hukuman larangan bermain dua pertandingan serta denda Rp 20 juta.

Meski sempat mangkir, Rezaldi masih dipercaya Milla. Dia masuk dalam daftar 22 pemain yang akan memperkuat timnas di laga ujicoba melawan Kamboja, Kamis (8/6), dan Puerto Riko, Selasa (13/6), dalam laga ujicoba.

Sementara itu, Rezaldi masih bisa memperkuat Persija saat berhadapan dengan Arema FC, Jumat (2/6/2017) malam WIB, di Stadion Patriot. Hukuman pemuda kelahiran 7 November 1995 itu baru berlaku pada 5 Juni mendatang.

Rezaldi sendiri membantah telah mangkir dari panggilan timnas. Dia mengaku hanya mengikuti apa kata manajemen Persija.

Menurut Rezaldi, dirinya sedang dalam tahap pemulihan cedera otot saat ada panggilan timnas. Namun, dia kemudian diharuskan berangkat ke Lamongan oleh manajemen. Di Lamongan, kondisinya diperiksa lagi dan dia diputuskan untuk bermain.

Selain Rezaldi, ada beberapa pihak yang mendapat hukuman dari komdis PSSI. Sebagaian besar berasal dari di Liga 2.

1. Ofisial Martapura FC, Sdr. Fahmiansyah dikenakan sanksi larangan beraktifitas dalam kegiatan sepakbola di lingkungan PSSI selama 2 bulan dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti mempengaruhi wasit pada saat tambahan waktu babak kedua dengan mengarahkan tangannya ke arah wasit dan wasit cadangan pada pertandingan Martapura FC melawan Persebaya Surabaya.

2. Pemain Perssu Real Madura Sdr. Joko Sugiarto dikenakan sanksi berupa larangan beraktifitas sepakbola di lingkunagn PSSI selama 10 bulan karerna terbukti mencekik dan memukul wasit pada pertandingan Kalteng Putra FC melawan Perssu Real Madura.

3. Tim Perssu Real Madura dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena supporter Perssu melakukan pelemparan botol.

4. Ofisial Perserang Serang Sdr. Babay Karnawi dikenakan sanksi larangan memasuki ruang ganti dan bangku cadangan sebanyak 8 kali dan denda Rp. 20.000.000,- karena terbukti menampar Asisten Wasit I saat berjalan menuju lorong ruang ganti pada pertandingan Lampung Sakti melawan Perserang Serang.

5. Panitia Pelaksana Pertandingan Lampung Sakti dikenakan sanksi berupa denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti melakukan pelemparan botol ke arah bangku cadangan Perserang Serang pada pertandingan Lampung Sakti melawan Perserang Serang.

6. Pemain Persibangga Purbalingga Sdr. Muh. Aliah Al Fuad dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 4 kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti menendang pemain PSCS Sdr. Muhammad Arifin pada pertandingan PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga.

7. Pemain PSCS Cilacap Sdr. Muhammad Arifin dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 3 kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti melakukan pemukulan pemain Persibangga Purbalingga Sdr. Muh. Aliah Al Fuad pada pertandingan PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga.

8. Pemain PSCS Cilacap Sdr. Muhammad Khoiron dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 3 kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti mendorong pemain Persibangga Purbalingga Sdr. Muh. Aliah Al Fuad pada pertandingan PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga.

9. Pemain PSCS Cilacap Sdr. Ridho Setiawan dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 3 kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti melakukan pemukulan pemain Persibangga Purbalingga Sdr. Muh. Aliah Al Fuad pada pertandingan PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga. 

10. Pemain PSCS Cilacap Sdr. Sunni Hizbullah dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 6 kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti melakukan kericuhan antar pemain kedua tim pada pertandingan PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga.

11. Panitia Pelaksana Pertandingan PSCS Cilacap dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti penonton PSCS melakukan pelemparan botol ke arah pemain saat memasuki ruang ganti pada pertandingan PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga.

12. Sekertaris Tim Sriwijaya FC Sdr. Achmad Haris dikenakan sanksi larangan masuk ke ruang ganti dan bangku cadangan pemain sebanyak 2 kali dan denda Rp. 20.000.000,- karena tingkah laku buruk berupa mendatangi bench Madura United dan beradu mulut dengan pelatih kiper Sdr. Hermansyah pada pertandingan Sriwijaya FC melawan Madura United. Sdr. Achmad Haris telah berulang kali melakukan tindakan tidak sportif.

13. Putusan Sementara terhadap Pemain PSBL Langsa Sdr. Rizaldi dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 6 kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti dengan sengaja menyikut pemain PSPS Riau Sdr. Firman Septian hingga patah bagian rahang dan mendapatkan perawatan pada pertandingan PSBL Langsa melawan PSPS Riau.

14. Pemain Persija Jakarta, Sdr. Rezaldi Hehanusa dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 2 kali dan denda Rp.20.000.000,- karena terbukti tidak hadir pada panggilan seleksi tim nasional dengan alasan sakit tetapi bermain untuk Persija Jakarta pada kompetisi Liga 1. Hukuman ini berlaku mulai tanggal 5 Juni 2017.