JAKARTA - Persib akan menjalani jadwal Liga 1 yang lumayan padat selama bulan Ramadhan tahun ini. Mereka akan menjalani 4 laga sambil berpuasa dengan 3 diantaranya adalah laga tandang.  Gelandang Persib, Dedi Kusnandar, tak mempermasalahkan jadwal yang bisa dibilang cukup berat itu. Dia mengatakan, sebagai pesepakbola profesional, dirinya dan rekan-rekannya telah terbiasa berlatih dan bertanding pada bulan suci umat Islam itu. 

"Tidak ada masalah. Karena sudah terbiasa. Tapi memang menjadi tantangan, karena tenaga kita harus dikuras saat puasa," ujar pemain yang akrab disapa Dado itu. 

Persib akan membuka bulan Ramadhan dengan bertandang ke markas Bali United pada Rabu pekan depan. Setelah itu, Michael Essien cs akan menyambangi kandang Bhayangkara FC. 

Mereka akan menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang menjadi satu-satunya laga kandang mereka selama bulan Ramadhan. Pada laga terakhir di bulan Ramadhan, Persib akan kembali menjalani laga tandang ke markas Barito Putera. 

Pelatih Persib, Djajang Nurdjaman, sebelumnya memastikan bahwa pihaknya tak akan mengubah intensitas latihan pada bulan puasa. Soal itu, Dado juga tak mempermasalahkannya. Menurut dia, yang terpenting para pemain harus membuat persiapan secara pribadi. 

"Persiapan seara pribadi, tentu, harus. Untuk program latihan semuanya dipercayakan kepada pelatih. Karena saya yakin program di bulan puasa sudah disiapkan," jelasnya.

Persib kini berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1. Mereka telah mengumpulkan 13 angka dari 7 laga atau tertinggal 3 angka dari pemuncak klasemen PSM Makassar.