REAL MADRID berhasil melaju ke final Liga Champions 2016-2017 usai di semifinal mengalahkan Atletico Madrid dengan agregat 4-2. Keberhasilan lolos ke final adalah yang kedua kalinya beruntun bagi Los Blancos –julukan Madrid. Sekadar diketahui, Madrid juga lolos ke partai puncak musim lalu. Bertemu Atletico, Madrid menjadi kampiun setelah menang 5-3 via adu tendangan penalti dan berhak meraih trofi Liga Champions yang ke-11.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, sanggupkah Madrid mempertahankan gelar? Sekadar diketahui, semenjak berubah format menjadi Liga Champions per musim 1992-1993, tidak ada klub yang berhasil menjuarai kompetisi antarklub Eropa paling prestisius itu dua musim beruntun.

Sejatinya Manchester United hampir membuat sejarah pada Liga Champions 2008-2009. Usai menjuarai Liga Champions 2007-2008 setelah mengalahkan Chelsea di partai puncak, The Red Devils –julukan Man United– kembali tampil di partai final semusim berselang.

Kali ini Barcelona yang dihadapi Setan Merah. Namun sayang, Man United yang berkeinginan menjadi klub pertama yang menjuarai Liga Champions dua musim beruntun dikalahkan Barcelona 0-2!

Karena itu, menarik ditunggu sanggupkah Madrid menjadi klub pertama yang mampu juara dua musim beruntun, atau Juventus yang akan mengangkat trofi Liga Champions pertama dalam kurun 21 tahun terakhir.