KATALAN – Javier Mascherano berhasil mencetak gol dalam kemenangan Barcelona 7-1 atas tamunya Osasuna pada Kamis dini hari WIB. Gol tersebut sekaligus merupakan torehan pertamanya selama berkostum Loz Azulgrana. Mascherano bergabung dengan Barca pada 2010 lalu dari Liverpool. Artinya, gelandang 32 tahun tersebut sudah tujuh tahun membela Tim Katalan. Bersama Los Cules, Mascherano sudah pernah merasakan berbagai gelar termasuk empat gelar La Liga, dua gelar Liga Champions dan tiga Copa del Rey.

Jumlah gelar yang diraih ternyata jauh lebih banyak dari jumlah gol yang diciptakannya. Mascherano sudah mencatatkan 318 pertandingan bersama Barca. Namun, tak satu gol pun pernah diciptakan. Akhirnya gol yang dinanti datang pada penampilannya yang ke-319.

Gol Mascherano menghadapi Osasuna tercipta melalui tendangan penalti pada menit ke-67. Setelah Denis Suarez dijatuhkan di dalam kotak penalti, Mascherano maju sebagai eksekutor. Ia sukses menjebol gawang Salvatore Sirigu untuk menjadikan skor 6-1 dalam laga tersebut.

"Mascherano mencetak gol resmi pertamanya untuk Barca melalui tendangan penalti ketika sesuatu terjadi begitu cepat sementara kami tak bisa mengetik dengan cepat untuk menjelaskan semuanya," tulis akun resmi Twitter, Barcelona, Kamis (27/4). Gol Mascherano ini juga menandai gol Barca yang ke-500 di bawah asuhan Luis Enrique sejak 2014 silam.

Adapun pertandingan menghadapi Osasuna membuat perolehan angka Barcelona menjadi 78 dari 34 laga. Sebaliknya, Osasuna dipastikan terdegradasi ke Divisi Segunda. Sebab, Leganes yang berada di batas akhir zona aman memetik kemenangan 3-0 atas Las Palmas. Dengan hasil ini, Barca tetap berada di puncak klasemen La Liga.