JAKARTA - Persija Jakarta akan menjamu Barito Putera dalam laga lanjutan Go-Jek-Traveloka Liga 1 2017, Sabtu, (22/4/2017). Bermain di kandang sendiri Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, anak asuh Stefano Cugurra akan memberikan tontotan menarik.
"Kami siap memberikan yang terbaik buat warga Jakarta dan Bekasi," kata Asisten Pelatih Persija Jakarta, Jan Saragih, Jumat, 21 April 2017. Ia mengatakan, pihaknya menargetkan poin penuh dalam lega besok. Apalagi bermain di kandang sendiri, tiga poin menjadi harga mati.
Menurut dia, kemenangan sangat berarti bagi tim berjuluk Macan Kemayoran itu. Tiga poin akan mampu mengantarkan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan menyodok ke peringkat pertama menggeser PSM Makasar.

Kini Persija berada di peringkat 2 klasemen sementara dengan raihan tiga poin dari hasil kemenangan melawan Persiba Balikpapan di kandang lawan dengan skor 2-0. "Kami optimistis mampu meraih hasil maksimal," kata Jan.

Meski demikian, Jan mengaku tak ingin menganggap remeh kekuatan lawan. Apalagi, kemenangan 2-1 di laga perdana membuat Barito semakin termotivasi ingin menang melawan Persija besok. "Pasti mereka ingin memberikan terbaik, apalagi mempunyai pemain-pemain bagus seperti Rizki Pora," kata dia.

Jan mengatakan, pihaknya sudah mengantongi kekuatan lawan. Karena itu, jajaran pelatih Persija telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mematahkan serangan-serangan anak asuh Jeksen F. Tiago. "Kami sudah memahami permainan mereka," kata Jan.

Media Officer Persija Jakarta, Hanif Marjuni, mengatakan, satu amunisi baru yang merupakan marquee player sudah didatangkan dari Brasil. Dia adalah bekas penyerang di klub liga super di Portugal, Bruno da Silva Lopes. "Dia sudah gabung latihan," kata Hanif.

Hanif mengatakan, peluang Bruno main masih 50 persen. Sebab, sejumlah dokumen masih dalam kepengurusan manajemen. Diharapkan malam ini selesai, sehingga besok bisa diturunkan sejak menit pertama. "Mudah-mudahan bisa dimainkan," kata dia.

Pemain bertahan Persija, Maman Abdurrahman, mengaku akan memberikan yang terbaik buat timnya. Apalagi, bakal bermain di hapan puluhan ribu pendukungnya sendiri. "Sebagai pemain, di pertandingan perdana kandang, kami akan memberikan hasil terbaik buat tim, The Jak, dan warga Bekasi," ujarnya.

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago mengatakan, timnya bertandang ke kandang Macan Kemayoran dengan kepala tegak. Kemenangan di laga perdana menjadi modal anak asuhnya menghadapi Persija. "Kita sudah siap menjalankan tugas besok," kata Jacksen.

Menurut dia, sepekan persiapan di Banjarmasin dijalankan dengan maksimal. Karena itu, timnya menargetkan kemenangan di laga tandang. "Harapan besok kita mendapatkan hasil maksimal," kata dia.

Jacksen mengaku tak khawatir meski ditinggal tiga pemain mudahnya menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-22 di Banten, mereka adalah Hansamu Yama Pranata, Paulo Sitanggang, Nazar Nurzaidin. Menurut dia, keputusan PSSI tidak bisa diintervensi, karena demi kepentingan timnas. 

"Persiapan mengahadapi Persija tanpa mereka, sehingga tak ada persoalan," kata mantan Pelatih Persipura ini. Menurut dia, absennya tiga pemain tersebut digantikan dengan pemain lain Barito. Siapa pun yang dipilih, kata dia, pasti akan memahami permintaan pelatih.

Ia menambahkan, kemenangan melawan Persija sangat penting karena akan menjadi kado ulang tahun Barito Putera. Jacksen menambahkan, sesuai rencana malam nanti akan ada perayaan ulang tahun di hotel. "Tapi, setelah melihat lapangan, kita lupakan acara, kita tunda setelah bertanding, mudah-mudahan menang," ujar dia.