JAKARTA - Arsene Wenger membuat terobosan dengan memainkan formasi 3-4-3 saat mengalahkan tuan rumah Middlesbrough  2-1 dalam lanjutan Liga Inggris, Selasa dinihari WIB. Formasi serupa sebelumnya jadi andalan Chelsea dan beberapa kali dipakai Manchester United. Wenger memasang Gabriel, Laurent Koscielny, dan Rob Holding di lini belakang timnya. Ia mengatakan formasi ini ia pakai untuk mengatasi kelemahan Arsenal.

"Saya pikir itu memberi lebih banyak stabilitas saat menghadapi umpan panjang, kami belakangan kesulitan menghadapi hal itu," kata Wenger.

Pelatih asal Prancis itu melihat sedikit perbedaan dalam tampilan timnya setelah memakai formasi baru. "Kami membiarkan lawan lebih menguasai bola. Saat melawan Palace dan West Brom kami menguasai bola hingga 70 persen dan kami kalah," kata Wenger. "Kami ingin menguasai bola, tapi terkadang, saat tim kurang rasa percaya diri, perubahan formasi bisa memberi perbedaan."

Dalam laga itu, Arsenal unggul berkat gol Alexis Sanchez dan Mesut Ozil. Sedangkan gol Middlesbrough diceploskan Alvaro Negredo.

Dengan kemenangan ini Arsenal pun menjaga harapannya untuk finis di empat besar. Tim asuhan Arsene Wenger itu kini berada di peringkat enam dengan 57 poin dari 31 pertandingan, terpaut 7 angka dengan Manchester City yang ada di posisi empat dan bermain 32 kali. Arsenal juga tertinggal 3 angka dari Manchester United yang ada di atasnya dan memiliki nilai sama dengan Everton yang ada di bawahnya.