LONDON -  Barcelona menelan kekalahan 0-3 atas Juventus di leg pertama perempat final Liga Champions. Rio Ferdinand menilai, Barca telah mengalami kemerosotan kualitas permainan.

Barca menelan kekalahan telak kedua di Liga Champions --setelah digebuk Paris Saint Germain 0-4-- dari Juventus. Main di Juventus Arena, Rabu (12/4/2017), Blaugrana dipaksa menyerah 0-3.

Gol kemenangan dicetak Paulo Dybala yang menorehkan sepasang di menit 7 dan 22, serta tandukan Giorgio Chiellini di menit 55 memastikan satu kaki Si Nyonya Tua menjejak semifinal.

Rio Ferdinand yang jadi komentator di BT Sports menilai, kekalahan Barca disebabkan karena penurunan kualitas permainan Barca secara kesuluruhan, khususnya kualitas individu pemain.

"Ada beberapa pemain yang mungkin beberapa tahun lalu tidak bisa masuk skuat Barca, terlalu banyak untuk disebutkan. Ada lima hingga enam yang harusnya tidak mengenakan jersey Barca sekarang," ujar Ferdinand di Daily Mail.

"Cara mereka bermain, baik intensitas ataupun kualitas. Mereka tidak lagi berada di planet yang sama dan pemain ini adalah mereka yang harus menyuplai bola ke tiga pemain depan, namun mereka tidak cukup mampu melakukannya," imbuhnya.

Data yang dilansir Whoscored mencatat demikian. Meski unggul jumlah possession 68,1%-31,9%, shots 16-14, dan umpan sukses 88-75, namun ada beberapa pemain yang tampil buruk.

Rakitic cuma mendapat rating 5,9, sementara Mascherano serta Iniesta juga cuma mendapat nilai 6,4 dan 6,6. Di lini depan, cuma Messi yang dapat digit 7 ketimbang Suarez dan Neymar yang dapat nilai 6.

"Dan pertahanan mereka tidak terlihat ada sosok yang ingin bertahan. Secara kolektif, mereka tidak melakukannya,"

"Tim ini tidak menekan seperti tim Barcelona di era Pep Guardiola. Mereka tidak terlihat punya ide atau cara untuk menekan lawan," tutupnya.