YAGON - Presiden FIFA Gianni Infantino membuka peluang ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal itu diutarakan Infantino dalam kunjungannya ke Myanmar, Jumat (17/2) lalu. Seperti diketahui, memang sebelumnya negara-negara ASEAN ingin mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia.

Beberapa negara yang dinilai memiliki peluang menjadi tuan rumah adalah Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Myanmar, hingga Singapura. Sebelumnya, ASEAN juga pernah berpengalaman menjadi tuan rumah bersama Piala Asia 2007. Ketika itu, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam, menjadi tuan rumah bersama.

"Saya mendukung tuan rumah bersama, yang tentu saja membuka kesempatan bagi banyak asosiasi. ASEAN merupakan wilayah yang bergairah dalam sepakbola," kata Infantino, seperti dikutip Reuters.

"Untuk kawasan ASEAN menjadi tuan rumah tunggal saya rasa sulit," tambahnya.

Sementara itu, presiden Federasi Sepakbola Myanmar Zaw Zaw mengungkapkan dewan AFF sudah menggelar pertemuan resmi untuk membahas pengajuan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Kami sedang mendiskusikan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034," ucap Zaw Zaw.

Seperti diketahui, FIFA sendiri sudah memutuskan untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia pada 2026, dari 32 peserta menjadi 48 tim. Tentunya itu semakin membuka peluang berbagai negara untuk berkiprah di ajang tertinggi sepakbola dunia tersebut.