SUTTON - Arsenal memastikan diri lolos ke perempatfinal Piala FA 2016-2017 usai menang 2-0 atas tuan rumah Sutton United pada putaran kelima, Selasa (21/2/2017). Gol-gol dari Lucas Perez dan Theo Walcott di Borough Sports Ground memuluskan jalan The Gunners.

Arsenal membuka keunggulan di menit ke-26. Lucas menusuk dari sisi kanan dan melepaskan umpan ke arah gawang. Bola yang disangka jadi umpan untuk Theo Walcott itu justru langsung bergulir masuk ke dalam gawang Sutton.

Berhasil unggul 1-0, Arsenal makin percaya diri. Walcott mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti, namun sepakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Kesalahan kiper Arsenal, David Ospina di penghujung babak pertama nyaris berakibat fatal. Kiper Timnas Kolombia itu salah dalam mengoper dan bola jatuh ke kaki Adam May.

Nama terakhir lantas dengan mudah membawa bola ke dalam kotak penalti. Beruntung bagi The Gunners, finishing May buruk. Tendangannya tidak tepat sasaran.

Arsenal baru bisa menggandakan keunggulan di menit ke-55. Umpan Alex Iwobi setelah diawali kerja sama Lucas dan Nacho Monreal dari sisi kiri disambar Walcott yang ada di sisi kanan gawang. Arsenal 2-0 Sutton!

Sutton berpeluang membalas tiga menit kemudian. Tapi tendangan Maxime Biamou usai menerima bola dari May masih mengarah tepat ke Ospina.

Peluang Sutton di menit ke-66 juga nyaris berbuah gol. Roarie Deacon melepaskan tembakan di muka kotak penalti. Sial bagi Deacon, upayanya itu masih menghantam mistar kendati Ospina sudah tak berkutik.

Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, skor tetap tak berubah. Kemenangan ini mengantar Arsenal ke babak perempatfinal dan akan bertemu dengan Lincoln City pada 11 Maret 2017 di Emirates Stadium.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Sutton United: Worner, Amankwaah, Downer, Collins, Beckwith/Spence, Deacon, Bailey, Eastmond, May/Hudson Odoi, Gomis, Biamou.

Arsenal: Ospina; Gabriel, Mustafi, Holding, Monreal; Elneny/Oxlade-Chamberlain, Xhaka; Lucas, Reine-Adelaide/Maitland-Niles, Iwobi/Alexis Sanchez; Walcott.