MADRID - FC Barcelona membuka peluang lolos ke babak final Copa del Rey setelah menang 2-1 atas Atletico Madrid pada leg pertama babak semifinal di Stadion Vicente Calderon, Rabu (1/2/2017).
Skuad arahan Jose Enrique tersebut langsung unggul pada babak pertama melalui sumbangan gol Luis Suarez dan Lionel Messi. Tuan rumah hanya sanggup melesakkan satu gol lewat kepala Antoine Griezmann pada menit ke-59.
Berdasarkan statistik dari situs ESPN, Barcelona unggul jumlah penguasaan bola dengan 57 persen berbanding 43 persen. Meski kedua tim sama-sama melepas 17 tembakan, Messi cs juga terbukti lebih efektif.

Total, Barcelona melepas delapan tendangan on target, sementara Atletico hanya tiga.

Atletico langsung mengambil inisiatif serangan pada menit-menit awal. Namun, justru Barcelona yang unggul lebih dulu pada menit ke-7 melalui aksi individual Luis Suarez.

Penyerang asal Uruguay itu mengelabui barisan pertahanan Atletico dan menceploskan bola ke gawang Miquel Angel Moya.

Diego Godin hampir menyamakan kedudukan lewat sundulannya dua menit kemudian, tetapi bola masih melebar ke sisi gawang Barcelona.

Barcelona pun memanfaatkan keunggulan satu gol untuk membangun momentum dan mengambil alih dominasi permainan. Hasilnya, Lionel Messi, mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-33.

Sepakan kaki kirinya menyambut umpan Ivan Rakitic tidak sanggup dihadang Moya dan bola bersarang ke pojok kiri gawang Los Rojiblancos. Gol tersebut menjadi gol ke-26 pemain asal Argentina tersebut ke gawang Atletico sepanjang pertemuan kedua klub.

Memasuki babak kedua, pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone memasukkan Fernando Torres menggantikan Sime Vrsaljko untuk menambah serangan di lini depan.

Hasilnya, baru lima menit berjalan, Torres mengirim umpan kepada Gabi yang nyaris berbuah gol. Sial bagi Atletico, bek Blaugrana, Jordi Alba, masih bisa mengambil bola dari kaki Gabi.

Gol yang ditunggu-tunggu Atletico akhirnya datang dari rekan Torres di lini depan, Antoine Griezmann, pada menit ke-59.

Pemain asal Perancis tersebut menyundul bola dari Diego Godin. Jasper Cillessen yang menjaga gawang Barcelona tidak bisa menghalau laju bola.

Sumbangan gol Griezmann membangkitkan semangat Atletico. Berturut-turut aksi Torres, Luis, dan Griezmann memaksa Cillessen bekerja keras menjaga gawangnya tidak kebobolan.

Di sisi lain, Barcelona juga menciptakan sejumlah kans lewat Messi dan Neymar. Namun, tidak ada gol tambahan hingga pertandingan selesai.

Pekan depan, tepatnya pada 7 Februari, giliran Barca yang menjamu Atletico di Camp Nou. Barca hanya perlu hasil imbang untuk menjaga asa mempertahankan gelar ini. (Lariza Oky Adisty)

Atletico Madrid 1-2 FC Barcelona (Antoine Griezmann, 59'; Luis Suarez, 7', Lionel Messi, 33')

SUSUNAN PEMAIN

Atletico Madrid: 1-Miquel Angel Moyá; 16-Sime Vrsaljko, 15-Stefan Savic, 2-Diego Godín, 3-Filipe Luis; 20-Juanfran, 14-Gabi, 8-Saul Niguez (23-Nicolas Gaitan, 59'), 6-Koke; 7-Antoine Griezmann, 10-Yannick Carrasco (21-Kevin Gameiro, 70')

Pelatih: Diego Simeone

FC Barcelona: 13-Jasper Cillessen; 20-Sergi Roberto, 3-Gerard Pique, 23-Samuel Umtiti, 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (6-Denis Suarez, 58'), 14-Javier Mascherano, 21-Andre Gomes (12-Rafinha, 72'); 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 11-Neymar

Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Ricardo De Burgos