Daftar Pencetak Gol ke Gawang 30 Klub La Liga

Rabu, 18 Januari 2017 13:10 WIB
BARCELONA - Bintang Barcelona, Lionel Messi, mencetak satu gol saat El Barca menang 5-0 atas Las Palmas di Camp Nou, Sabtu (14/1/2017).Bagi Messi, Las Palmas adalah klub La Liga ke-35 yang telah dibobolnya. Hal itu terhitung sejak penyerang asal Argentina tersebut bermain di kasta tertinggi Liga Spanyol pada 2004.

Jumlah klub yang menjadi korban Messi sama dengan torehan legenda Real Madrid, Raul Gonzales. Mantan penyerang tim nasional Spanyol tersebut sudah mencetak gol ke gawang 35 tim di Divisi Primera La Liga.

loading...
Selain Messi dan Raul, ada tiga pemain yang pernah membobol lebih dari 30 klub La Liga.

Ads
Pertama adalah legenda Espanyol, Raul Tamudo, yang pernah "menodai" 33 tim. Dia mencatat torehan tersebut selama berkarier 17 musim di kompetisi tertinggi Spanyol.

Dia lebih banyak memperkuat Espanyol selama 14 musim, sementara sisanya berseragam Real Sociedad dan Rayo Vallecano.  Dari 33 tim yang dibobol, Tamudo pernah mencetak gol ke gawang Real Madrid dan Barcelona di La Liga.

Selama berkarier di Spanyol, Tamudo mencatat 407 penampilan dengan torehan 140 gol di semua kompetisi. Torehan gol tersebut menempatkan Tamudo sebagai pencetak gol terbanyak Espanyol sepanjang masa.

Tamudo bukan pemain pertama yang membobol gawang 33 tim. Hugo Sanchez terlebih dahulu mencatat rekor tersebut.

Pemain asal Meksiko tersebut pernah bermain sejumlah La Liga seperti Atletico Madrid dan Real Madrid. Dia juga pernah memperkuat Rayo Vallecano dalam pengujung kariernya.

Namun, dia melambungkan namanya saat bermain untuk Madrid pada 1985 hingga 1992.

Bersama Madrid, Sanchez mencetak 234 gol dari 154 penampilan dan menjadikan namanya berada di urutan keenam pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang sejarah.

Lebih luas lagi, dia mengoleksi 234 gol yang membuat namanya menjadi pencetak gol terbanyak keempat di kompetisi teratas Spanyal sepanjang sejarah.

Terakhir, ada nama Julio Salinas yang pernah membobol 34 tim La Liga. Dia mencatat rekor tersebut dari 16 musim berkarier di La Liga.

Pemain Spanyol tersebut pernah memperkuat Atheltic Bilbao, Atletico Madrid, dan Barcelona. Lalu saat pengujung karirnya, dia berkarier di Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, dan Alaves. Namun, namanya masyhur saat membela Barcelona.

Selama berkarier di kasta tertinggi Spanyol, Salinas mencatat 152 gol dari 417 penampilan. Sebanyak 60 gol diantaranya diciptakan Salinas bersama Barcelona.

Dia juga berhasil membantu El Barca meraih empat gelar beruntun La Liga dan satu trofi Piala Champions.

Daftar pemain yang paling banyak membobol tim lawan di La Liga: 

35 - Lionel Messi (Barcelona)

35 - Raul Gonzalez (Real Madrid)

34 - Julio Salinas (Athletic Bilbao, Atletico Madrid, Barcelona, Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, Alaves)

34 - Hugo Sanchez (Atletico Madrid, Real Madrid, Rayo Vallecano)

33 - Raul Tamudo (Espanyol, Real Sociedad, Rayo Vallecano)

Editor:Kamal usandi
Sumber:kompas.com
Kategori:Soccer
wwwwww