Manchester City memetik pelajaran yang sangat berharga setelah kalah telak di kandang Everton. City kini diminta harus lebih solid sebagai sebuah tim.


Hal tersebut diungkapkan oleh bek kiri City, Gael Clichy. Clichy bermain penuh di Goodison Park, Minggu (15/1/2017), dan harus menyaksikan timnya dipermalukan oleh Everton dengan skor 0-4.

Kekalahan empat gol tanpa balas ini adalah kekalahan terburuk City pada musim ini, sama dengan kekalahan The Citizens dari Barcelona di fase grup Liga Champions. "Ini berat. Tapi, seringkali Anda bermain bagus tidak berarti Anda akan memenangi pertandingan," ujar Clichy di Manchester Evening News.

"Kami tahu bagaimana mereka akan bermain, hampir selalu mengirimkan umpan panjang ke Lukaku, dan dengan lima pemain belakang serta mengandalkan serangan balik. Kami tahu itu, tapi kami juga tahu kami ingin menampilkan cara main kami karena kami yakin itulah cara untuk memenangi pertandingan," tambah bek asal Prancis itu.

"Kami juga tahu kadang-kadang Anda harus realistis-- ketika Anda kesempatan, Anda harus mencetak gol, dan ketika Anda bertahan Anda harus bertahan dengan lebih baik," tuturnya.

Setelah kalah dari Everton, City kini berada di posisi kelima klasemen Premier League dengan perolehan 42 poin. Mereka berjarak sepuluh poin dari Chelsea yang memuncaki klasemen.  "Jadi, pesan umumnya adalah kami harus lebih solid dan kompak sebagai sebuah unit, daripada memikirkan hal lain," kata Clichy.

City selanjutnya akan menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Sabtu (21/1/2017) mendatang.