Gol ke-100 Luis Suarez mengawali kemenangan Barcelona atas Athletic Bilbao pada laga penentuan babak 16 besar Copa del Rey, Kamis (12/1/2017) dini hari. Barcelona keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 di partai yang berlangsung di Stadion Camp Nou tersebut. Selain Suarez, dua pemain bintang lain, yakni Neymar dan Lionel Messi juga turut mencetak gol.

Kemenangan tersebut memastikan skuat asuhan Luis Enrique lolos ke babak perempat final dengan agregat akhir 4-3. Pada pertemuan pertama Bilbao menang dengan skor 2-1.

Ini merupakan kemenangan pertama La Blaugrana pada tahun 2017. Laga pembuka 2017, Iniesta Dkk harus takluk 2-1 dari Athletic Bilbao pada leg I Copa del Rey. Akhir pekan lalu harus puas bermain imbang 1-1 melawan Villareal CF pada lanjutan La Liga.

Suarez membuka gol kemenangan Barcelona pada menit ke-35 dengan melepaskan tendangan dari kotak penalti setelah menerima umpan silang dari Neymar.

Gol tersebut merupakan torehan ke-100 Suarez di semua kompetisi selama berseragam Barcelona.

Barcelona menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-48. Pelanggaran Eneko Boveda terhadap Neymar di dalam kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih.

Neymar yang maju sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan mengarahkan bola ke tengah gawang Gorka Iraizoz.

Bilbao sanggup mencetak gol balasan pada menit ke-51 berkat sundulan Saborit yang bermula dari umpan silang Elustondo.

Kemenangan 2-1 tidak cukup bagi Barcelona untuk bisa lolos. Namun, pada menit ke-78 Messi tampil sebagai pemain penentu kemenangan.

Pelanggaran yang dilakukan Benat Etxebarria menjadi keuntungan buat Barcelona. Lewat tendangan bebas, eksekusi Messi berujung gol. Barcelona pun keluar sebagai pemenang.