'Ibrahimovic Punya Intelegensi Tinggi'

Ibrahimovic Punya Intelegensi Tinggi
Republika.co.id
Kamis, 29 Desember 2016 12:30 WIB
MANCHESTER - Penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic dinilai memiliki kemampuan yang tidak banyak dipunyai pesepak bola lain. Hanya beberapa bintang lapangan hijau yang dapat bermain dengan kemampuan tingkat intelegensi tinggi seperti Ibrahimovic saat ini.Pendapat ini diutarakan oleh mantan penyerang klub Norwich dan West Ham United Dean Ashton.Tidak ada yang bisa mengajarkan pesepak bola muda agar bisa bermain seperti Ibrahimovic. Sebab, mereka memang sudah dianugerahi kemampuan khusus seperti ini.

“Anda dapat mengajarkan banyak hal dalam sepak bola, tapi Anda tidak dapat mengajarkan apa yang sudah dia miliki. Karena intelegensi sang pemain lebih tinggi dibanding pemain lain, siapapun tidak dapat mengajarkan hal itu,” tutur Ashton dilansir dari Talksport, Kamis (29/12/2016).

Kemampuan tersebut membuat sang pemain tidak termakan usia. Ia menyebut beberapa nama yang memiliki kemampuan khusus ini antara lain Teddy Sheringham, Gianfanco Zola, dan Dennis Bergkamp.

Sejak didatangkan dari klub raksasa Prancis, Paris Saint Germain (PSG), Ibrahimovic tidak menunjukan performa menurun. Padahal, usianya saat ini sudah menginjak 35 tahun.

Ibrahimovic terus mencetak gol bersama skuat Iblis Merah. Pesepak bola asal Swedia sudah mengemas 12 gol di liga dan menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak nomor dua di bawah Diego Costa selama setengah musim berjalan. Selama bermain untuk United, Ibrahimovic sudah menorehkan 17 gol dari 26 laga pada semua kompetisi yang dilakoninya.

Menurut Ashton, Ibrahimovic tidak terpengaruh dengan usianya saat ini. Sebab, seluruh pertandingan yang dilakoninya menggunakan intelegensi tinggi seorang pesepak bola. Dengan kemampuan khusus itu, dia dapat mencapai puncak performa untuk waktu yang lebih lama dibanding pemain lain.

Pesepak bola seperti Ibrahimovic atau Zola tidak mengandalkan kecepatan yang mereka miliki untuk meninggalkan penjaganya, walau bukan berarti mereka lamban. Hanya, mereka merupakan tipe pemain yang memiliki kesadaran spasial atau ruang. Ini menempatkan mereka selangkah lebih maju dari pemain bertahan lawan.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Republika.co.id
Kategori:Soccer
wwwwww