Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah resmi membuka Turnamen Bengawan Cup 2016. Menpora berharap ajang ini menjadi awal kebangkitan sepakbola wanita di Indonesia.

Turnamen sepakbola wanita Bengawan Cup 2016 digelar mulai hari Rabu (28/12/2016) ini hingga 31 Desember mendatang di Stadion Sriwedari, Solo. Ada empat tim yang bakal bersaing, yaitu Putri Surakarta Solo, PSW Mataram Sleman, Garda Siliwangi Sukabumi, dan Persijap Kartini Jepara.

Imam secara resmi membuka turnamen Bengawan Cup 2016 tersebut. Dia ditemani oleh Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, yang ikut menyaksikan langsung pertandingan.

"Saya atas nama peemerintah pusat bersyukur dengan adanya acara spektakuler ini. Ini sekaligus menjadi pertanda sepakbola di Indonesia tidak hanya didominasi oleh pria," ujar Menpora melalui rilis yang diterima.

Menpora menilai turnamen sepakbola wanita sangat menarik karena memiliki potensi yang luar biasa yang tak kalah dengan pria. Untuk itu, ke depannya dia ingin mendorong PSSI bisa menghidupkan kembali kompetisi sepakbola wanita.

"Tidak hanya pria, tetapi wanita juga bisa berpretasi dengan sepakbola. Kami berharap pada 2017, kompetisi sepakbola wanita bisa dibuka lagi seperti Galanita yang dulu pernah digelar. PSSI akan kami dorong untuk melihat potensi-potensi sepakbola wanita yang sangat luar biasa. Tinggal bagaimana kami semua berkomitmen mengawal ini semua,"

"Semoga anggaran dari pemerintah dan sponsor bisa mendukung secara penuh, dan penyelenggara ajang ini bisa ambil bagian di dalamnya," imbuhnya.

Sebagai catatan, Indonesia sempat menggelar kompetisi Galanita (Liga Sepakbola Wanita) yang terakhir kali dilangsungkan pada 2009 silam. Ketika itu, tim Papua menjadi juaranya.

Sepakbola wanita di Indonesia memang hingga saat ini tidak berjalan. Hal ini berbeda dengan negara-negara seperti Myanmar dan Singapura yang mulai bergeriliya menggulirkan kompetisi sepakbola wanita.

"Negara lain sudah mengembangkan sepakbola wanita, dan tinggal kami yang harus berpikir benar-benar untuk mendorong kebangkitan sepakbola wanita di Indonesia," katanya.

Bengawan Cup 2016 menjadi edisi kedua setelah sebelumnya PSW Mataram keluar sebagai juara. Event ini diadakan bekerja sama dengan Yayasan Citra Raga Selaras dan Kaukus Anak Gawang.