ZURICH - Penghargaan Pemain Terbaik FIFA kembali digelar terpisah dengan Ballon d'Or. Namun, seperti halnya Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo diprediksi akan kembali terpilih sebagai pesepak bola terbaik dunia. 

Isu itu muncul karena sebenarnya proses pemilihan pemain terbaik telah berjalan. Namun, FIFA memastikan bahwa belum mengetahui siapa pemenang gelar The Best FIFA Men's Player atau Pemain Pria Terbaik Dunia versi FIFA edisi 2016.

Pernyataan FIFA ini terkait jadi sejumlah rumor yang menyebutkan bahwa bintang Real Madrid, Ronaldo, akan menjadi pemenangnya, mengalahkan dua kandidat lainnya, Lionel Messi (Argentina) dan Antoine Griezmann (Perancis). 

Namun, menurut FIFA, sang pemenang gelar bergengsi ini masih misterius karena proses pemungutan suara masih berlangsung dan gelar The Best FIFA Men's Player akan diketahui di Zurich pada 9 Januari 2017. 

Berbeda dengan Ballon d'Or, sang pemenang The Best FIFA Men's Player akan ditentukan melalui pemungutan suara yang melibatkan kapten dan manajer dari tim nasional yang berada di bawah naungan FIFA, suporter, serta 200 jurnalis. 

Dari tiga kandidat tersebut, Griezmann menjadi kejutan karena menjadi pesaing Ronaldo dan Messi. Pencapaian ini berhasil didapat Griezmann setelah tampil apik bersama Atletico sepanjang 2016.  

Selain itu, Griezmann juga berhasil membawa Perancis tampil di final Piala Eropa 2016. Pemain berusia 25 tahun itu pun tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan enam gol.

Namun, peluang Griezmann menjadi pemain terbaik dunia cukup sulit.  Ronaldo dan Messi silih berganti menguasai perubutan gelar sejak 2008 atau sejak 2010 khusus FIFA Ballon d'Or.

Ronaldo menjadi kandidat terdepan. Penyerang 31 tahun itu baru saja meraih Ballon d'Or atas keberhasilannya mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions dan membawa Portugal merengkuh gelar Piala Eropa 2016. 

Atas dasar itulah, Ronaldo dispekulasikan bakal kembali naik podium meraih  The Best FIFA Men's Player.

"Saya mengatakan hal ini bukan karena teman atau kolega di timnas atau sebagai pemain Portugal. Faktanya, tahun ini dia memang yang terbaik," ujar Nani, rekan setim Ronaldo di timnas, seperti dilansir dari situs resmi FIFA.