BANGKOK - Pupus sudah mimpi Timnas Indonesia merebut juara Piala AFF 2016, setelah digilas Thailand 2-0 pada final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12) malam. Thailand menang agregat 3-2 atas Indonesia. 

Thailand berhasil menjebol gawang Indonesia pada menit ke-37. Ini karena clearance Fachruddin Wahyudi Aryanto yang membuat bola membentur kaki Siroch Chatthong dan memantul ke dalam gawang Kurnia Meiga. Kiper Indonesia itu tak menduga arah bola. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Thailand kembali mencetak gol. Siroch Chattong mencetak gol keduanya setelah menerima umpan di kotak penalti dan melepaskan tendangan yang tidak bisa diantisipasi Kurnia Meiga. Kedudukan 2-0 untuk Thailand. 

Pada menit ke-79, wasit menghadiahi Thailand tendangan penalti setelah Kurnia Meiga melanggar Siroch di kotak penlati. Namun Kurnia berhasil menggagalkan tendangan Terasil Dangda.

Indonesia terus mencoba melancarkan serangan, tapi Thailand selalu berhasil mematahkannya. Malahan, Abduh Lestaluhu diganjar kartu merah menjelang pertandingan berakhir karena menunjukkan rasa frustasinya dengan menendang bola ke arah bangku cadangan pemain Thailand.

Hingga pertandingan berakhir skor tetap 2-0 untuk keunggulan Thailand. Tim Gajah Perang pun menang agregat 3-2 atas Indonesia dan berhasil mempertahankan gelar juara Piala AFF-nya.***