PARIS - Pemain Real Madrid mendominasi penghargaan bergengsi Ballon d'Or 2016. Klub asal Spanyol tersebut paling banyak menyumbang nama nominator yakni enam pemain. Enam pemain Real Madrid yang menjadi nominator peraih gelar individu paling prestisius di dunia sepak bola itu adalah Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Toni Kroos, Luka Modric, Pepe, dan Sergio Ramos. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak diantara tim lain. 

Majalah France Football yang mengumumkan nominator Ballon d'Or 2016, Senin (24/10/2016) waktu setempat, menempatkan Barcelona pada posisi kedua dengan empat pemain. Mereka adalah Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar, dan Andres Iniesta.

Panel jurnalis yang memilih kandidat peraih penghargaan bergengsi tersebut nampaknya juga mengacu pada gelaran Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis beberapa waktu lalu. Sebab, dua pemain bersinar di turnamen itu; Rui Patricio (penjaga gawang) dan Dimitri Payet juga masuk dalam daftar nominator. 

Sementara itu media olah raga dunia juga menyoroti dua pemain Leicester City yang terpilih masuk dalam daftar 30 nominator Ballon d'Or 2016. Mereka adalah Jamie Vardy dan Riyad Mahrez yang musim lalu mengantar The Foxes mencetak sejarah dengan menjuarai Liga Inggris. 

Sekadar informasi, tahun ini pengumuman 30 nama pemain yang masuk daftar dilakukan dengan cara berbeda setelah Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) -yang enam tahun terakhir menjadi penyelenggara (FIFA Ballon d'Or)- sudah tak lagi terkait dengan penghargaan ini. FIFA putus hubungan pada September 2016, dengan demikian penilaian sepenuhnya dilakukan oleh panel jurnalis. Nama penghargaan tidak lagi menggunakan kata FIFA di depan Ballon d'Or.

Berikut daftar lengkap nominator peraih Ballon d'Or 2016

Aguero  Manchester City
Aubameyang  Borussia Dortmund
Bale  Real Madrid
Buffon Juventus
De Bruyne  Manchester City
Dybala  Juventus
Godin  Atletico Madrid
Griezmann Atletico Madrid
Higuain  Juventus
Ronaldo  Real Madrid
Lewandowski  Bayern Muenchen
Kroos Real Madrid
Koke  Atletico Madrid
Iniesta Barcelona
Ibrahimovic  Manchester United
Lloris Tottenham Hotspur
Mahrez Leicester City
Messi  Barcelona
Modric  Real Madrid
Muller  Bayern Muenchen
Neuer  Bayern Muenchen
Neymar Barcelona
Payet West Ham United
Pepe  Real Madrid
Pogba  Manchester United
Rui Patricio  Sporting CP
Ramos  Real Madrid
Suarez  Barcelona
Vardy  Leicester City
Vidal  Bayern Muenchen