ZURICH - Penyerang Timnas Wales dan Real Madrid, Gareth Bale, masuk dalam daftar 30 calon peraih Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia. Rekan satu timnya asal Portugal, Cristiano Ronaldo - yang sudah dua kali meraih gelar tersebut- juga kembali dicalonkan.

Bale memimpin Wales berhasil maju ke babak perempat final Piala Eropa 2016 namun di semifinal kalah 0-2 dari Portugal, yang menjadi juara.

Dua pemain Manchester City, Sergio Aguero dan Kevin de Bruyne, ikut masuk dalam daftar yang diterbitkan majalah sepak bola Prancis setelah bulan lalu FIFA memutus keterkaitannya dengan penghargaan Ballon d'Or.

(Baca: Bale-Ronaldo Masuk Nominasi Peraih Ballon d'Or 2016)

Penghargaan tahunan ini diberikan oleh Asosiasi Sepak Bola Prancis sejak tahun 1956 namun dalam waktu enam tahun belakangan dikaitkan dengan FIFA.

Image captionMessi dan Ronaldo mendominasi Ballon d'Or dalam waktu enam tahun belakangan. Pemain terakhir yang meraih gelar pemain terbaik ini -selain bintang Argentina dan Barcelona, Lionel Messi, atau Cristiano Ronaldo- adalah Kaka asal Brasil ketika masih bermain di AC Milan.

Tahun lalu lima pemain Liga Primer Inggris berhasil masuk dalam daftar calon, yaitu trio Manchester United -Aguero, Yaya Toure, dan Bruyne- serta pemain Arsenal, Alexis Sanchez, dan pemain Chelsea, Eden Hazard.

(Baca: Hasil Undian Babak Ketiga Copa del Rey Musim 2016/2017)

Namun Messi yang kembali meraih Ballon d'Or untuk keempat kalinya.

Dari 30 pemain diumumkan Senin (24/10) secara bertahap, maka tiga pemain akan terpilih sebagai calon utama untuk penyerahan penghargaan pada Januari 2017 mendatang.

Terakhir kali pemain Inggris meraih gelar pemain terbaik dunia adalah Michael Owen pada tahun 2001 ketika memperkuat Liverpool.

(Baca: "Saya Mencetak Gol ke Gawang Kiper Terbaik Dunia")

Daftar calon pemain peraih Ballon d'Or

Sergio Aguero (Manchester City)

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund)

Gareth Bale (Real Madrid)

Gianluigi Buffon (Juventus)

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Kevin de Bruyne (Manchester City)

Paulo Dybala (Juventus)

Diego Godin (Atletico Madrid)

Antoine Griezmann (Atletico Madrid)

Gonzalo Higuain (Juventus)

Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)

Andres Iniesta (Barcelona)

Koke (Atletico Madrid)

Toni Kroos (Real Madrid)

Robert Levandowski (Bayern Munich)

*daftar para pemain diumumkan secara bertahap.