MANCHESTER - Jose Mourinho bisa tidur nyenyak jelang kembali ke Stamford Bridge, markas Chelsea pada pekan 9 Liga Primer Inggris 2016/17, Minggu (23/10) malam WIB. Itu karena Manchester United (MU) mendapat bekal berharga dari laga matchday 3 Grup A Liga Europa. Ya, sejumlah rotasi pemain yang dilakukan oleh Mourinho ketika menjamu Fenerbahce di Stadion Old Trafford, Jumat (21/10) pagi WIB terbilang moncer. Pasalnya hasil akhir pertandingan ini mengantar tuan rumah unggul 4-1.

Keempat gol The Red Devils disumbangkan masing-masing oleh Paul Pogba dua kali, yakni satu penalti pada menit ke-31 dan lewat tendangan geledek di pengujung babak pertama. Sedang dua gol sisanya diciptakan via eksekusi 12 pas Anthony Martial (34’) dan aksi Jesse Lingard ketika babak kedua baru dimulai tiga menit.

Sedang gol balasan dari tim tamu diciptakan oleh mantan pemain kesayangan publik Old Trafford, Robin van Persie saat babak kedua tersisa sembilan menit. Sementara itu pada saat bersamaan, Feyenoord mengakhiri laga kandang mereka dengan mengalahkan Zorya Luhansk 1-0 berkat gol semata wayang Nicolai Jorgensen pada menit ke-55.

Atas hasil tersebut ini, skuat Setan Merah asuhan Mourinho dari yang tadinya berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup A, kini melejit ke posisi kedua. MU memang unggul agresivitas gol dari Feyenoord yang naik ke urutan pertama, tapi secara head to head, Feyenoord menang atas MU. Akan tetapi keempat tim di grup ini masih berpeluang lolos ke babak berikutnya dengan menyisakan dua laga. 

Mourinho kini bisa tidur nyenyak sebelum menghadapi mantan klubnya, Chelsea, pada Minggu (23/10) malam WIB. Karena tiga pemain utamanya, Zlatan Ibrahimovic, Marcus Rashford, dan Marouane Fellaini mendapatkan istirahat penuh saat melawan Fenerbahce.

Susunan pemain 
Manchester United (4-2-3-1)
De Gea (g): Shaw, Bailly, Smalling (Rojo 46’), Darmian; Carrick, Pogba (Fosu-Mensah 75’); Martial, Mata, Lingard (Depay 66’); Rooney
Cadangan: Romero (g), Ibrahimovic, Rashford, Fellaini
Pelatih: Jose Mourinho 

Fenerbahce (4-3-3)
Demirel (g): Kaldirim, Skrtel, Kjaer (Emenike 46’), Ozbayrakli; Neudstadter, Souza, Topal; Sen (Koybasi 69’), van Persie, Potuk
Cadangan: Fabiano (g), Civelek, Koca, Stoch    
Pelatih: Dick Advocaat
Wasit: Benoit Bastien (Prancis)

Klasemen sementara Grup A Liga Europa 2016/17
Pos*Tim*Main*Menang*Seri*Kalah*Selisih gol*Poin
1*Feyenoord*3*2*0*1*2-1 (+1)*6
2*Manchester United*3*2*0*1*5-2 (+3)*6
3*Fenerbahce*3*1*1*1*3-5 (-2)*4
4*Zorya Luhansk*3*0*1*2*1-3 (-2)*1