Home >  Artikel >  Soccer

Ronaldo Menang Mutlak Dalam Voting Pemain Terbaik Eropa

Ronaldo Menang Mutlak Dalam Voting Pemain Terbaik Eropa
Cristiano Ronaldo, mencium trofi Pemain Terbaik Eropa yang diumumkan dalam pengundian fase grup Liga Champions di Monako pada Kamis (25/8/2016). [VALERY HACHE / AFP]
Jum'at, 26 Agustus 2016 07:02 WIB
MONAKO - Megabintang Real Madrid dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa musim 2015-2016.Pengumuman pemenang dilaksanakan setelah drawing penyisihan grup Liga Champions di Monako, Kamis (25/8/2016). Ronaldo bersaing dengan rekan setimnya, Gareth Bale, serta Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Ayah angkat Martunis asal Banda Aceh itu akhirnya berhak membawa pulang trofi setelah mendapatkan suara terbanyak dalam voting yang dilakukan oleh 55 jurnalis olahraga Eropa. Ronaldo mendapatkan 40 suara, Griezmann mendapat delapan suara dan Bale dapat tujuh suara.

Kandidat Pemain Terbaik Eropa dipilih berdasarkan pencapaian di klub maupun timnas. Ronaldo memenuhi kriteria tersebut.

Ads
Sebagai catatan, pemilik suara dalam penghargaan ini adalah para wartawan dari negara-negara anggota UEFA. Setiap negara diwakili satu wartawan yang memberikan suara dalam pemilihan pemain terbaik.

Dengan torehan 16 gol dan 4 assist di pentas Eropa, Ronaldo mengantarkan Real Madrid ke tangga juara Liga Champions. Ia juga membantu Portugal meraih gelar Piala Eropa pertama dalam sejarah mereka.

"Tentu saja saya sangat bahagia," kata Ronaldo saat menerima piala.

"Namun, menurut saya dua kandidat lain juga layak mendapatkan penghargaan ini. Mereka sudah tampil luar biasa," tutur eks ikon Manchester United itu.

Bagi Ronaldo, ini kali kedua dirinya dinobatkan sebagai pemain terhebat di tanah Eropa. Titel pertama ia dapatkan pada musim 2013-2014, juga setelah membawa El Real jawara Liga Champions.

Pada edisi 2010–2011, 2011–2012, 2012–2013, dan 2014–2015, Ronaldo harus puas duduk di peringkat ketiga.

Editor : Kamal Usandi
Sumber : kompas.com
Kategori : Soccer
www www