BARCELONA - Dua gol dari Arda Turan dan satu gol dari Lionel Messi membawa Barcelona menang 3-0 atas Sevilla pada pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol Kamis dini hari tadi untuk mengunci kemenangan agregat 5-0. Juara Liga Spanyol dan Piala Raja itu memimpin 2-0 setelah leg pertama di Seville, dan gol pembukaan Turan pada fase awal babak pertama membuka jalan Barca untuk meraih kemenangan besar di Nou Camp yang dipadati penonton.

Gelandang Turki itu mendapat umpan dari Messi pada menit kesembilan, berlari menuju gawang dan melepaskan tembakan kaki kiri melewati Sergio Rico.

Pemain Sevilla Vicente Iborra mengeksekusi penalti pada menit 30 yang dihalau Claudio Bravo, setelah Samuel Umtiti handball di kotak terlarang.

Gol kedua Turan tercipta satu menit babak kedua, ketika ia melepaskan tembakan melengkung dari jarak jauh untuk mengejutkan kiper Sevilla dan bola bersarang ke sudut atas gawang. Messi memastikan trofi pertama Barca di musim ini, ketika ia menanduk operan Lucas Digne yang gagal dijangkau Rico. 

"Memenangi gelar sebelum Liga Spanyol dimulai adalah hebat," kata gelandang Barca Sergio Busquets kepada Telesinco TV. "Kami melakukan pekerjaan fantastis musim lalu, dan kami lapar gelar."

Barca tidak diperkuat Neymar, yang sedang membela Brasil di Olimpiade, dan trio pemain yang cedera Marc-Andre Ter Stegen, Jeremy Mathieu, dan Andres Iniesta.

Namun pelatih Luis Enrique memberi kesempatan melakukan pertandingan kompetitif untuk pertama kalinya kepada rekrutan-rekrutan baru Umtiti, Denis Suarez, Andre Gomes, dan Lucas Digne.

Mengheningkan cipta dilakukan sebelum pertandingan dimulai untuk menghormati almarhum presiden FIFA Joao Havelange, yang tutup usia pekan ini.

Piala Super adalah pertandingan tradisional pembukaan musim di Spanyol antara juara liga dan juara Piala Raja. Barca memenangi kedua gelar ini musim lalu, dan kini telah mengoleksi 12 Piala Super, demikian Reuters.