JAKARTA - Peringkat Indonesia dalam ranking FIFA kembali melorot. Sesuai rilis ranking terbaru FIFA, Kamis (14/7/2016), Indonesia berada di peringkat 191 dengan 65 poin. Hal ini berarti Timnas Indonesia turun empat peringkat dibandingkan ranking yang dirilis bulan Juni 2016. Ketika itu, Indonesia menempati ranking 187 dari 209 anggota resmi FIFA.

Merosotnya ranking Indonesia tidak lepas dari tidak adanya laga uji coba maupun turnamen resmi FIFA yang diikuti Tim Merah Putih. Tanda-tanda Timnas Indonesia akan beruji coba juga masih gelap karena belum berlangsungnya persiapan menuju Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, 19 November-17 Desember 2016.

Saat ini, pelatih asal Austria, Alfred Riedl justru masih kebingungan untuk menentukan agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia. Selain belum lagi bertemu dengan PSSI dan PT Gelora Trisula Semesta, Riedl belum mendapatkan waktu yang tepat untuk mengumpulkan pemain.

Jika ingin memperbaiki posisi dalam ranking FIFA, Timnas Indonesia harus bisa memanfaatkan secara maksimal 3 agenda yang tersisa uji coba sebelum Piala AFF 2016 pada bulan September, Oktober, dan November. Turnamen Piala AFF sendiri tidak masuk dalam hitungan FIFA.

Jika dibandingkan dengan negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, ranking Indonesia hanya lebih baik dari Brunei Darussalam yang menempati ranking 198. Sedangkan Thailand masih menempati posisi teratas dengan menempati ranking 121.

Sementara itu, keberhasilan menembus partai puncak Piala Eropa membuat Prancis mengalami lonjakan peringkat yang signifikan. Tim asuhan Didier Deschamps itu naik 10 peringkat dari ranking 17 ke ranking 7 FIFA.

Les Bleus berada satu tingkat di bawah sang juara Piala Eropa, Portugal yang menempati rangking ke-6 FIFA. Sama halnya dengan Prancis, Seleccao das Quinas juga mengalami kenaikan peringkat dari posisi 8 ke posisi 6.

Selain Prancis, tim yang tampil mengejutkan di Piala Eropa 2016, Wales juga mengalami kenaikan peringkat yang signifikan. Gareth Bale dkk. naik 15 peringkat dan kini menempati ranking 11 FIFA.