LISBON - Keberhasilan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 ternyata memberikan efek lebih kepada klub lokal Portugal, Sporting Lisbon. Bagaimana tidak, dari 14 pemain yang diturunkan oleh Fernando Santos, 10 di antaranya berasal dari akademi sepakbola Sporting. Seperti dilansir Sportsmail, Rabu 13 Juli 2016, Sporting Lisbon memang dikenal memiliki akademi sepakbola terbaik di negaranya. Mereka kerap kali melahirkan para pemain berbakat seperti Luis Figo, Luis Nani, dan yang paling fenomenal, Cristiano Ronaldo.

Meskipun dikenal sebagai salah satu akademi pencetak pesepakbola andal di negaranya, ternyata Sporting juga tidak menyangka para pemain didikannya banyak yang bermain saat laga final Piala Eropa 2016 melawan Prancis. Secara tidak langsung, Portugal berhutang kepada Sporting.

Selain Ronaldo dan Nani, terdapat nama-nama Ricardo Quaresma, Joao Moutinho, Jose Fonte, Cedric Soares, Rui Patricio, William Carvalho, Joao Mario, dan Adrien Silva. Mereka semua adalah para pemain didikan Sporting yang berhasil membawa Seleccao das Quinas menjadi juara Eropa.

Untuk itu, Presiden Sporting, Bruno de Carvalho, mengungkapkan rasa sukacitanya atas kontribusi para pemain didikan klubnya di level tim nasional. Dia merasa bangga dengan torehan tersebut.

"Sebagai warga negara Portugal, saya sangat senang dengan seluruh skuat. Sebagai presiden dari Sporting Lisbon, saya harus menyebutkan bahwa pada 10 Juli lalu, kami memiliki 10 pemain di skuat senior. Tidak ada perbandingan untuk itu," ujar Bruno.