PARIS - Pemain andalan tim nasional Perancis, Antoine Griezmann, dinilai layak disandingkan dengan para seniornya, yakni Zinedine Zidane dan Michel Platini. Penilaian tersebut dilontarkan oleh Thierry Henry. Griezmann sukses tampil memukau di ajang Piala Eropa 2016. Menorehkan enam gol dari enam laga, Griezmann turut mengantarkan Perancis melangkah ke babak final.

Keberhasilan itu kian melambungkan pamor Griezmann. Bahkan, pemain 25 tahun itu mulai disejajarkan dengan para legenda Perancis, yakni Zidane dan Platini.

Mengenai anggapan tersebut, Henry tak menyanggahnya. Henry berpendapat bahwa Griezmann memang layak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

"Untuk saat ini, dia pantas mendapatkannya. Perancis kembali memiliki seorang pemain yang bisa menentukan kemenangan. Jadi, mengapa tidak?" ujar Henry kepada BBC, Sabtu (9/7/2016).

"Jika kami menang, mungkin Anda akan merasa yakin bahwa itu karena Antoine Griezmann mencetak gol," kata Henry yang pernah membawa Perancis juara Piala Dunia 1998, Piala Eropa 2000, dan Piala Konfederasi 2003.

Pada Piala Eropa 2016, pesaing utama Griezmann adalah Cristiano Ronaldo, yang notabene juga berhasil mengantarkan negaranya, Portugal, ke babak final.

Keduanya berada di urutan dua teratas daftar pencetak gol Piala Eropa 2016. Griezmann yang mencetak enam gol, menduduki urutan pertama.

Adapun Ronaldo berada di bawahnya dengan catatan tiga gol. Olivier Giroud, Dimitri Payet (keduanya Perancis), dan Luis Nani (Portugal) juga memiliki jumlah gol serupa Ronaldo.

"Dalam sebuah laga, Ronaldo selalu mempunyai kesempatan. Sekarang, saya berharap dia tidak mencetak gol," ucap Henry.

"Ronaldo tahu bahwa dia akan memiliki satu atau dua peluang untuk membobol gawang lawan. Sangat sulit untuk menghentikan orang seperti dia," tuturnya.

Pertandingan final antara Perancis dan Portugal akan digelar di Stade de France, Saint-Denis, pada Minggu (10/7/2016) waktu setempat, atau Senin dini hari pukul 02.00 WIB.