Lionel Messi Didakwa 21 Bulan Penjara, Ini Kesalahannya

Lionel Messi Didakwa 21 Bulan Penjara, Ini Kesalahannya
Lionel Messi dan ayahnya, Jorge Horacio Messi, bersaksi dalam sidang penggelapan pajak di Barcelona, Spanyol, 2 Juni 2016. Namun mereka tidak harus dipenjara karena merupakan pelaku kejahatan non-kekerasan dengan hukuman di bawah dua tahun. (tempo.co)
Rabu, 06 Juli 2016 23:50 WIB
JAKARTA - Bintang sepakbola Barcelona Lionel Messi dan ayahnya, Jorge, didakwa bersalah atas pengemplangan pajak dengan hukuman 21 bulan penjara.

Bagaimanapun, Messi dan ayahnya kemungkinan tidak akan menjalani hukuman di balik jeruji. Sebab, menurut hukum yang berlaku di Spanyol, hukuman di bawah dua tahun penjara untuk pelanggaran yang baru pertama kali dilakukan dan tidak melibatkan kekerasan bisa dijalani dengan masa percobaan.

Messi dan ayahnya juga masih bisa mengajukan banding ke pengadilan tinggi atas putusan pengadilan Barcelona ini.

Selain dihukum penjara, Messi juga harus membayar denda sekitar 1,7 juta pound sterling (Rp29 miliar). Sementara ayahnya harus membayar 1,27 juta pound sterling (Rp21,7 miliar).

Ads
Dalam proses pengadilan, jaksa menyatakan ayah Messi adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam mengemplang pajak senilai 3,19 juta pound sterling (Rp54,5 miliar) dalam kurun waktu 2007-2009.

Bagaimanapun, Messi juga dianggap cukup tahu soal ini hingga patut dimintai pertanggungjawaban.

Messi dan ayahnya dituduh menggunakan suaka pajak di Uruguay dan Belize untuk menyembunyikan pendapatan image rights dari ototritas pajak Spanyol.***
Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:Soccer
wwwwww