BORDEAUX - Jerman sukses mengalahkan Italia perempatfinal Piala Eropa 2016 di Stade Matmut-Atlantique, Minggu 3 Juli 2016 dini hari WIB. Der Panzer sukses memenangkan duel adu penalti lewat skor 6-5. Tim asuhan Joachim Loew cukup mendominasi jalannya pertandingan, akan tetapi masih belum berujung baik sejak menit awal. Tapi hingga menit 35, Jerman masih belum bisa melepaskan tendangan ke gawang Italia.

Sepakan keras Stefano Sturaro masih menyamping ke sisi gawang usai terkena bek Jerman di menit 43. Skor tetap kacamata alias 0-0 hingga berakhirnya babak pertama.

Thomas Mueller nyaris memecah kebuntuan Jerman di menit 53, andai sepakan terarahnya tak dihalau Alessandro Florenzi. Akhirnya, Mesut Oezil berhasil memecah kebuntuan Jerman di menit 65.

Gol berawal dari operan Jonas Hector dari sisi kiri gawang Italia dan mengenai bek Italia, Oezil yang berada di mulut gawang langsung melepaskan sepakan keras atas bola muntah tersebut. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Der Panzer.

Italia mendapat hadiah penalti usai Jerome Boateng handsball di kotak terlarang di menit 77. Leonardo Bonucci yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, dan mengubah skor menjadi 1-1.

Laga berlangsung semakin seru, kedua tim saling berganting melakukan serangan. Tak ada gol yang tercipta hingga laga usai di waktu normal, memaksa laga berlanjut ke babak extra time.

Babak Pertambahan Waktu
Tendangan bebas dari Toni Kroos di menit 97, gagal menjadi gol usai bola gagal diarahkan ke rekan-rekannya yang berada di kotak penalti Italia. Hingga menit 102, Jerman masih sulit menembus pertahanan Gli Azzurri.

Masih belum ada gol yang tercipta hingga berakhirnya pertandingan 15 menit pertama ini. Sepakan spekulasi dari Bastian Schweinsteiger di menit 108, melambung tinggi di atas gawang Italia.

Lorenzo Insigne mendapat peluang emas di menit 113, tetapi bola masih tepat jatuh di pelukan Manuel Neuer. Kembali tidak ada gol di babak pertambahan waktu ini, kedua tim pun harus melakukan duel adu penalti.

Babak Adu Penalti
Italia:
1. Lorenzo Insigne (gol)
2. Simone Zaza (gagal/melambung)
3. Andrea Barzagli (gol)
4. Graziano Pelle (gagal/melenceng)
5. Leonardo Bonucci (gagal/ditepis)
6. Emanuele Giaccherini (gol)
7. Marco Parolo (gol)
8. Mattia De Sciglio (gol)
9. Matteo Darmian (gagal/ditepis)

Jerman:
1. Toni Kroos (gol)
2. Thomas Mueller (gagal/ditepis)
3. Mesut Oezil (gagal/kena tiang)
4. Julian Draxler (gol)
5. Bastian Schweinsteiger (gagal/melambung)
6. Mats Hummels (gol)
7. Joshua Kimmich (gol)
8. Jerome Boateng (gol)
9. Jonas Hector (gol)

Jerman akhirnya berhasil memenangkan duel adu penalti dengan skor akhir 6-5. Kemenangan ini membawa pasukan Der Panzer ke babak semifinal Piala Eropa 2016.

Susunan Pemain
Jerman: Manuel Neuer, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes, Mats Hummels, Jonas Hector, Mesut Oezil, Sami Khedira (Bastian Schweinsteiger '15), Toni Kroos, Joshua Kimmich, Mario Gomez (Julian Draxler '71), Thomas Mueller

Italia: Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (Simone Zaza '120), Mattia De Sciglio, Marco Parolo, Stefano Sturaro, Alessandro Florenzi (Matteo Darmian '86), Graziano Pelle, Eder Martins (Lorenzo Insigne '107), Emanuele Giaccherin