Piala Eropa 2016

Kandaskan Belgia 3-1, Wales Susul Portugal ke Semifinal

Kandaskan Belgia 3-1, Wales Susul Portugal ke Semifinal
Gelandang Wales Aaron Ramsey, mencetak gol namun dianulir oleh wasit karena offside saat melawan Irlandia Utara pada pertandingan 16 besar Piala Eropa di Parc des Princes, Paris, 25 Juni 2016. (tempo.co)
Sabtu, 02 Juli 2016 04:38 WIB
JAKARTA- Tim nasional Wales menyusul Portugal ke semifinal Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Belgia 3-1 dalam laga perempat final di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Sabtu dinihari WIB, 2 Juli 2016.

Belgia sempat unggul duluan di menit di menit 13. Pemain-pemain belakang Wales terkonsentrasi di dalam kotak penalti. Radja Nainggolan yang tidak terjaga jauh di luar kotak penalti dengan leluasa melepaskan tembakan keras dan terarah setelah mendapatkan umpan dari Eden Hazard. Kiper Wales, Hennesey, tak berdaya. Skor 1-0 untuk Belgia.

Setelah berusaha terus menekan Belgia, Wales punya peluang di menit 26. Ramsey memberi umpan tarik di dalam kotak penalti yang disambut N Taylor. Tendangannya mengarah ke gawang, tapi Thibaut Courtois berhasil menyelamatkan gawangnya.

loading...
Usaha Wales akhirnya membuahkan hasil pada menit 31. Ashley Williams yang tidak dijaga menyambut hasil sepak pojok. Bola hasil sundulannya mengarah ke sudut kanan gawang. Courtois tak bisa mengantisipasinya. Kedudukan menjadi 1-1.

Ads
Belgia terus ditekan dan menjelang babak pertama berakhir, Wales kembali mendapatkan peluang. Ramsey mengirim bola ke depan dan disambut dengan sundulan oleh Williams. Tapi bola masih bisa diamankan Courtois. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-1.

Memasuki babak kedua, Marc Wilmots memasukkan Marouane Fellaini untuk mengganti Carrasco. Wilmots tampaknya ingin memperkuat pusat lini tengahnya.

Satu peluang dihasilkan Belgia di menit 48. Sebuah umpan silang disambut dengan sundulan Romelu Lukaku. Tapi bola masih meleset dari sasaran.

Dalam kurun waktu semenit sejak menit 49, Belgia mengancam gawang Wales dengan tembakan-tembakan kerasnya. Yang pertama datang dari Kevin De Bruyne. Bola melayang tipis di atas mistar gawang. Yang kedua dari Eden Hazard. Bola juga meleset tidka jauh dari mistar gawang.

Wales justru mampu menambah keunggulan di menit 55. Ramsey memberi umpan kepada Robson-Kanu di kotak penalti. Dijaga satu bek, dia membuat “Cruyff-turn” untuk lolos dari penjagaan itu dan melepaskan tendangan dari jarak dekat. Courtois tidak bisa mengantisipasi tendangan itu. Wales unggul 2-1.

Belgia mencoba membuat peluang-peluang, tapi umpan-umpan yang tidak akurat di daerah pertahanan lawan membuat usaha mereka belum membuahkan hasil.

Belgia akhirnya punya kesempatan di menit 74. Fellaini menyambut umpan silang yang akurat dari Toby Alderweireld dengan sundulan. Tapi bola masih meleset dari sasaran.

Harapan Belgia untuk menyamakan kedudukan pun pupus saat Sam Vokes, yang menggantikan Robson-Kanu, mencetak gol di menit 86. Dia mendapatkan umpan silang dari Gunter. Vokes memenangi duel udara dengan Alderweireld dan menyarangkan bola ke gawang Courtois. Skor 3-1 utuk Wales.

Wasit memberi tambahan waktu 3 menit di injury time, tapi Belgia tak juga mampu mencetak gol. Mereka harus rela mengakui keunggulan Wales.

Di babak semifinal nanti, Wales akan menghadapi Portugal. ***
Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:Soccer
wwwwww