Wales vs Belgia 3-1

Dongeng Indah Wales Berlanjut ke Semifinal

Dongeng Indah Wales Berlanjut ke Semifinal
Selebrasi pemain Wales saat memastikan tiket semifinal Piala Eropa 2016 usai menyingkirkan Belgia dengan skor 3-1. [Reuters]
Sabtu, 02 Juli 2016 04:40 WIB
LILLE - Secara dramatis Wales berhasil menyingkirkan Belgia pada laga perempat final Piala Eropa 2016 dengan skor 3-1 di Stade Pierre-Mauroy, Sabtu (2/7/2016) dini hari WIB. Selanjutnya tim polesan Chris Coleman bakal menantang Portugal di semifinal.
Sebutan tim underdog tampaknya sudah menjauh dari tim nasional Wales. Pasalnya mereka mampu melanjutkan tren positif di event empat tahunan ini dengan membuat sejarah di mana untuk kali pertama mereka lolos ke semifinal.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stade Pierre-Mauroy, Wales sempat kewalahan menghadapi gempuran pemain Belgia di babak pertama. Alhasil, Wayne Hennessey terpaksa memungut bola dari gawangnya di menit 13 setelah tendangan gledek Radja Nainggolan dari luar kotak penalti tidak mampu dihalau.

Ini merupakan kali kedua Nainggolan sukses mencetak gol dari luar kotak penalti. Sementara itu, Eden Hazard adalah pemain pertama di Piala Eropa 2016 yang mampu menciptakan empat assist sejak Ljubinko Drulovic pada 2000

Ads
Beralih ke pertandingan, keunggulan 1-0 Belgia ternyata hanya bertahan 17 menit. Wales sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tandukan Ashley Williams tidak mampu diamankan Thibaut Courtois. Hingga 45 menit pertandingan berlangsung hasil imbang tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Belgia kembali mengambil inisiatif melakukan serangan. Kali ini melalui Lukaku. Penyerang berkulit legam tersebut nyaris menempatkan namanya dalam daftar pencetak gol jika saja sundulannya tidak menyamping ke sisi kanan gawang.

Keasyikan menyerang gawang Belgia malah kebobolan. Berawal dari umpan silang Aaron Ramsey dari sisi kanan, Hal Robson-Kanu mengonversikan gol indah setelah menggocek dua pemain bertahan lawan sebelum akhirnya mengecoh kiper melalui sepakan kaki kirinya di menit 55.

Ramsey diketahui sukses menjadi pemain Inggris Raya pertama yang menciptakan dua assist dalam satu pertandingan Piala Eropa sejak David Beckham pada 2000 saat melawan Portugal. Beralih ke pertandingan, kendati Belgia terus berusaha mencetak gol.

Namun setiap peluang yang tercipta di gawang Wales selalu berakhir sia-sia. Sebaliknya, ketika pertandingan tinggal menyisakan empat menit. The Dragons justru menambah satu gol melalui Sam Vokes.

Pemain yang baru masuk di menit 85 ini sukses mengonversi umpan lambung Chris Gunter dari sisi kanan melalui sundulan. Hingga pertandingan usai kedudukan 3-1 tetap bertahan.

Dengan demikian, Wales akan menantang Portugal di semifinal. Namun tim polesan Coleman tidak akan diperkuat Ramsey setelah ia terkena akumulasi kartu kuning.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:Soccer
wwwwww