Piala Eropa 2016

Redam Polandia Lewat Drama Adu Penalti, Portugal Melaju ke Semi Final

Redam Polandia Lewat Drama Adu Penalti, Portugal Melaju ke Semi Final
(detik.com)
Jum'at, 01 Juli 2016 05:02 WIB
MERSEILE - Laga babak 8 besar Euro 2016 antara Polandia melawan Portugal, di Stade Velodrome, Merseile, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB, Jumat dinihari terpaksa dituntaskan dengan adu penalti, setelah perpanjangan waktu kedudukan tetap 1-1. Pada drama adu penalti tersebut, Portugal berhasil mengungguli Polandia 5-3. Dengan kemenangan ini Portugal melaju ke babak semi final.

Ronaldo sebagai algojo pertama sukses menjaringkan bola ke jala gawang Polandia yang dikawal Fabianski. Lewandowski langsung membalasnya dengan eksekusi yang mengecoh Patricio.

Renato menunaikan tugasnya dengan sempurna sebagai penendang kedua, bola sepakannya ke arah pojok kiri atas gawang. Milik juga sukses mengirim bola masuk ke gawang. Skor sama kuat 2-2.

Moutinho sukses mengecoh Fabianski, Portugal unggul 3-2. Kamil Glik sukses menaklukkan Patricio, kedudukan kembali sama kuat 3-3.

Ads
Nani sukses menjadi algojo, pengarahan bolanya ke sisi kiri gawang Polandia mengecoh Fabianski. Patricio mampu melakukan penyelamatan gemilang, dia menepis eksekusi Blaszczykowski.

Ricardo Quaresma mengirim Portugal lolos ke babak semifinal usai menaklukkan Fabianski. Portugal menang dengan skor akhir 5-3 di babak tos-tosan.

Laga Polandia melawan Portugal harus dilanjutkan melalui babak tambahan waktu setelah kedua tim bermain 1-1 sepanjang 90 menit. Cristiano Ronaldo banyak membuang peluang emas yang didapatkannya.

Polandia unggul cepat pada menit ke 2 lewat Robert Lewandowski. Kamil Grosicki yang membangun serangan balik dari sisi kanan pertahanan Portugal sukses melepaskan umpan mendatar silang ke tengah kotak pinalti. Lewandowski yang menerima bola pun langsung melesakan bola ke pojok kanan gawang Rui Patricio.

Portugal yang mendominasi penguasaan bola baru berhasil mengejar ketertinggalan pada menit ke-33. Renato Sanches yang bermain umpan satu dua dengan Nani berhasil membuka pertahanan Polandia. Dia pun melesakan tembakan dari sisi kanan luar kotak pinalti yang menembus jala gawang Fabianski.

Pada babak kedua Portugal kembali mendominasi penguasaan bola. Ronaldo setidaknya memiliki tiga peluang emas yang terbuang percuma pada babak kedua.

Menit ke-55 Ronaldo gagal mengeksekusi umpan terobosan dari Nani di sisi kiri, Setelah memenangkan adu sprint dengan pemain belakang Polandia, tembakan penyerang Real Madrid itu hanya menerpa jala kanan gawang Fabianski.

Lima menit berselang, Ronaldo kembali membuang peluang emas. Umpan silang mendatar dari Nani di sisi kiri tak berhasil di sambutnya. Bola justru memantul ke kaki belakangnya dan bergulir ke luar kotak pinalti Polandia.

Ronaldo kembali menyia-nyiakan peluang pada menit ke-85. Dia lolos dari jebakan offside pemain belakang Polandia saat menyambut umpan cungkilan Joao Moutinho. Namun lagi-lagi dia gagal mengeksekusi bola. Sepakannya hanya menerpa udara dan bola pun bisa diamankan dengan mudah oleh Fabianski.

Peluang Portugal lainnya didapatkan pada menit ke-78. Bek Cedric memenangkan duel udara di depan gawang Polandia. Namun sundulannya masih mengarah tepat ke Fabianski.

Sementara Polandia yang lebih banyak mengandalkan serangan balik praktis hanya memiliki satu peluang emas pada babak kedua. Arkadiusz Milik hampir membawa Polandia unggul pada menit ke-69. Dia berhasil mendahului Pepe saat menyambut umpan silang Artur J?drzejczyk. Sayang upayanya membelokan bola ke gawang masih bisa digagalkan Patricio.

Hingga babak kedua berakhir skor 1-1 tak berubah. Laga pun dilanjutkan dengan babak tambahan, namun skor tetap tak berubah, sehingga dilanjutkan dengan adu penalti, yang dimenangkan Portugal. ***
Editor:sanbas
Sumber:detik.com dan tempo.co
Kategori:Soccer
wwwwww