MARSEILLE - Portugal memiliki kesempatan mencapai semifinal untuk kelima kalinya di Piala Eropa saat mereka berhadapan dengan Polandia di Stade Velodrome, Jumat (1/6/2016) dini hari WIB. Ada dua pemain yang bakal menyita perhatian penikmat olahraga sepak bola, yakni Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowksi. Ronaldo dan Lewandowski akan menarik perhatian di pertandingan ini. Maklum, kedua pemain ini sudah banyak memberikan kontribusi yang besar buat klub mereka masing-masing. Bahkan jika digabungkan koleksi gol maka mereka sudah membukukan 93 gol selama di musim 2015/2016.

Sayangnya, mereka hanya tampil ciamik bersama klub. Tapi ketika berbicara tentang tim nasional, penampilan Ronaldo maupun Lewandowski di Piala Eropa 2016 belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Tapi tekanan besar sedang menghampiri pemain Real Madrid tersebut.

Ronaldo punya rapor buruk selama tampil di Piala Eropa di mana ia baru mencetak dua gol dalam 12 pertandingan sistem gugur di turnamen besar. Artinya, jika tereliminasi dari event empat tahunan ini peluangnya tampil bersama tim nasional Portugal di Piala Dunia sangat kecil.

Mengingat usianya saat ini sudah menginjak 31 tahun, dan kemungkinan dia bisa menirukan jejak Lionel Messi pensiun bila gagal membawa tim polesan Fernando Santos juara di Piala Eropa tahun ini. Apalagi ditambah dengan rekor tanding mereka di mana Portugal tidak pernah menang melawan Polandia di tiga pertemuan terakhir.

Catatan minor ini yang harus diwaspadai pasukan Santos. Namun Portugal sejauh ini tidak terlalu mengkhwatirkan kondisi pemainnya. Santos hanya terganggu dengan masalah cedera yang dialami Raphael Guerreiro dan Andre Gomes. Namun kedua pemain itu dilaporkan sudah mulai berlatih bersama rekan setim.

"Saya tidak akan pulang sampai atau setelah 11 Juli. Jadi sekarang saya tidak ingin berbicara tentang liburan," tegas Santos.

Di bagian lain, Polandia terganggu dengan kabar cedera paha kiper Wojciech Szczesny. Alhasil, pelatih Adam Nawa