MARSEILLE - Laga Polandia kontra Portugal di perempat final pertama Euro 2016 yang dihelat di Stadion Velodrome, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB, dipimpin wasit asal Jerman, Felix Brych. Sekadar info, selain menjadi wasit, profesi utama Brych adalah pengacara. Dia merupakan seorang doktor di bidang hukum dan olahraga. 

Ini jelas menjadi kabar gembira bagi Portugal. Tim asuhan Fernando Santos itu memiliki momen menyenangkan ketika melakoni sebuah laga dan dipimpin oleh Brych. 

Laga melawan tuan rumah Denmark pada Kualifikasi Euro 2016 (14/10/14), merupakan kali pertama bagi Portugal dipimpin Brych. Laga tersebut sangat krusial bagi Portugal karena pada matchday 1 kualifikasi kala 0-1 dari Albania. 

Portugal butuh kemenangan untuk membuka asa lolos ke Euro 2016. Hingga menit ke-90, skor masih imbang 0-0. Momen indah Portugal bersama Brych dimulai saat dia memberikan injury time selama lima menit. 

Tambahan waktu tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Portugal. Beberapa detik jelang laga berakhir, Ricaro Quaresma mengirimkan umpan silang ke pertahanan Denmark. Bola meluncur dan disundul oleh Cristiano Ronaldo. Gol! Beberapa detik kemudian, Brych meniup peluit akhir pertandingan, Portugal menang 1-0.

Kemenangan di kandang Denmark itu menjadi awal kebangkitan Portugal. Mereka kemudian selalu menang dalam 6 laga dan lolos ke Prancis sebagai juara grup dengan 7 kemenangan dari 8 laga. 

Di sisi lain, Brych ternyata tak memberikan keuntungan bagi Polandia. Satu-satunya laga Polandia yang dipimpin Brych berakhir dengan skor imbang 1-1. Itu terjadi dalam laga persahabatan kontra Makedonia pada 26 Mei 2008.

Portugal Dipimpin Brych
14/10/14 Denmark 0-1 Portugal (Kualifikasi Euro 2016)

Polandia Dipimpin Brych
26/05/08 Polandia 1-1 Makedonia (Persahabatan)