Spanyol dan Kutukan Seragam Warna Putih

Spanyol dan Kutukan Seragam Warna Putih
Andres Inesta dan Sergio Ramos lesu usai kalah dari Italia di 16 besar Euro 2016. [sport-english]
Selasa, 28 Juni 2016 11:39 WIB

Tim nasional Spanyol harus menanggung malu tersingkir di babak 16 besar Euro 2016 usai takluk 0-2 dari Italia di Saint-Denis, Paris. Kegagalan La Furia Roja di kompetisi empat tahunan ini ternyata merupakan kutukan saat mereka menggunakan jersey berwarna putih.

Fakta menarik ditemukan mengenai jersey kedua Spanyol yang berwarna putih. Setelah ditelisik La Furia Roja memang sudah enam kali merasakan kesialan ketika bertanding menggunakan seragam berwarna putih.

Berawal dari 1994, Spanyol tak pernah menang jika bermain dengan jersey berwarna putih. La Furia Roja saat itu juga takluk 1-2 dari Italia, kutukan itu kemudian berlanjut ke Piala Dunia 1998.

Di Piala Dunia 1998, Spanyol yang bermaterikan pemain-pemain top seperti Ivan Campo, Fernando Hierro hingga Raul Gonzalez. Harus takluk dari Nigeria di babak fase grup dengan skor tipis 2-3 yang membuat mereka gagal melewati penyisihan grup.

Ads
Kesialan menggunakan jersey putih kembali berlanjut di Piala Eropa 2004. La Furia Roja takluk 0-1 dari tuan rumah Portugal dan membuat mereka lagi-lagi gagal lolos dari penyisihan grup.

Sepuluh tahun berlalu, kutukan jersey putih Spanyol belum juga hilang. Di Piala Dunia 2014 La Furia Roja dihancurkan Belanda dengan skor 1-5 di fase grup dan kembali gagal lolos ke babak selanjutnya meski saat itu berstatus sebagai juara bertahan.

Di Piala Eropa 2016 kali ini Spanyol bahkan menelan dua kali kekalahan ketika bertanding menggunakan jersey berwarna putih. Kekalahan pertama terjadi di fase grup saat La Furia Roja dilumat Kroasia dengan skor 2-1.

Namun, kali ini Spanyol tetap berhasil lolos dari fase grup dan harus berhadapan dengan Italia di babak 16 besar. Jersey putih pun kembali menjadi malapetaka dan membuat La Furia Roja harus angkat kaki dari Piala Eropa 2016.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sportsatu.com
Kategori:Soccer
wwwwww