NICE - Negara kecil Islandia secara mengejutkan sukses menyingkirkan raksasa Inggris dari babak 16 besar Euro 2016 dengan skor 1-2 di Allianz Riviera, Nice, Selasa (28/6/2016) dini hari WIB. Beragam rekor menghiasi kesuksesan Aron Gunnarsson dan rekan-rekan. Satu gol kemenangan Inggris lahir dari Wayne Rooney menit 4, sedangkan dua gol balasan Islandia diciptakan oleh Ragnar Sigurdsson menit 6 dan Kolbeinn Sigthorsson menit 18.

Baru debut di Euro, Islandia langsung menyengat. Sebenarnya, berhasil lolos dari fase grup saja, sudah jadi catatan apik mereka.

Namun demikian, tampaknya mimpi mereka berlanjut dengan menyingkirkan Inggris dari Euro. Bahkan, kesuksesan mereka ini memakan korban, yakni mundurnya Roy Hodgson dari kursi kepelatihan Inggris.

Beragam rekor diciptakan mereka. Salah satunya, Islandia jadi negara pertama yang menyingkirkan Inggris di waktu normal sejak Piala Dunia 2006 silam.

Penasaran dengan rekornya? Berikut adalah beberapa yang JawaPos.com rangkum:

- Islandia bikin Inggris hanya dua kali menang dalam fase gugur dalam 10 kesempatan.
- Tujuh penampilan Inggris di fase gugur Euro:

1 Menang (2-0 vs URSS, 1968)
2 kekalahan
4 imbang (adu penalti)

- Terakhir kali Inggris menang di fase gugur turnamen besar adalah 10 tahun yang lalu, 1-0 melawan Ekuador di Piala Dunia Jerman lewat gol David Beckham.

- Inggrs hanya mencetak 11 gol dalam 11 pertandingan di turnamen besar di bawah Roy Hodgson.

- Islandia bikin Inggris kebobolan 2 gol dalam 18 menit pertama pertandingan untuk pertama kalinya sejak November 2007 (Inggris 2-3 Kroasia).

- Inggris 1-2 Islandia dalam waktu 18 menit jadi waktu tercepat 3 gol yang pernah dari terjadi di Euro

- Islandia jadi tim dengan tingkat konversi gol tertinggi di Euro 2016. (6 gol/25 tembakan).

- Islandia bikin Inggris kalah uuntuk kali pertama dalam tiga pertandingan terakhir setelah kalah di babak pertama.

- Prancis bakal bertemuIslandia di perempat final EURO2016. Sebuah ulangan dari Olimpiade handball pria 2008 (menang 28-23 oleh Prancis)

- Meski hanya berpenduduk 300 ribu jiwa, jumlah lisensi dari pemain profesional di Islandia mencapai 22 ribu.