LYON - Sempat tertinggal 0-1 di awal laga, Prancis bangkit di babak kedua guna mengalahkan Republik Irlandia 2-1 pada laga 16 besar di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Minggu (26/6/2016) malam WIB. Dua gol Antoine Griezmann membawa Prancis lolos ke perempat final Piala Eropa 2016.

Dalam laga ini pelatih Prancis Didier Deschamps langsung menurunkan kekuatan terbaiknya. Paul Pogba memimpin di lini tengah. Bersama Dimitri Payet dan Griezmann, Pogba mendukung striker tunggal Olivier Giroud.

Sedangkan Irlandia berani tampil terbuka meski tak diunggulkan. Pelatih Martin O'Neill menurunkan formasi menyerang 4-3-3.

Keputusan O'Neill terbukti jitu. Pertandingan baru berjalan dua menit, Irlandia sudah mendapat hadiah penalti.

Wasit menunjuk titik putih setelah Paul Pogba dilanggar Shane Long di kotak terlarang. Penyerang Robbie Brady yang dipercaya menjadi algojo dengan dingin memperdaya kiper Hugo Lloris.

Berhasil mencuri gol cepat membuat Irlandia makin percaya diri. Daryl Murphy hampir menggandakan keunggulan Irlandia pada menit 20. Untungnya kali ini Lloris bisa menggagalkannya.

Prancis berusaha secepatnya membalas gol Brady. Pogba nyaris menyamakan skor di menit 23. Sial bagi Prancis, peluang yang didapat Pogba lewat tendangan bebas dengan baik ditepis oleh kiper Irlandia Darren Randolph.

Ketatnya pertahanan Irlandia yang digalang oleh Richard Keogh membuat Prancis kesulitan menciptakan peluang. Sesaat jelang berakhirnya babak pertama, Dimitri Payet nyaris menyamakan skor. Namun tembakannya di dalam kotak penalti bisa diblok pemain bertahan Irlandia. Skor kacamata bertahan sampai turun minum.

Prancis coba meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Guna mempertajam daya dobrak tim, Deschamps memasukkan Kingsley Coman menggantikan Ngolo Kante. Kehadiran Coman membuat serangan Prancis semakin hidup.

Empat menit babak kedua berjalan, bek Laurent Koscielny seharusnya bisa menyamakan skor. Sial bagi Koscielny, sundulannya memanfaatkan umpan Payet masih melebar meski sudah berdiri bebas tanpa kawalan.

Di menit 55, peluang kembali didapat Prancis. Kali ini sepakan jarak jauh gelandang Blaise Matuidi susah payah digagalkan oleh Randolph.

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung Prancis akhirnya tercipta di menit 58. Griezmann memecah kebuntuan lewat sundulan akurat memanfaatkan umpan silang dari Bacary Sagna. Prancis 1, Irlandia 1.

Prancis makin percaya diri usai berhasil menyamakan skor. Hasilnya empat menit kemudian Les Bleus bisa membalikkan keadaan. Lagi-lagi Griezmann yang mencetak gol.

Kerjasama dua pemain Arsenal, Koscielny dan Olivier Giroud membuat Griezmann lolos dari kawalan pertahanan Irlandia. Dengan mudah Griezmann memperdaya Randolph lewat tendangan mendatar kaki kiri.

Irlandia makin terpuruk. Pada menit 66, Irlandia harus bermain dengan 10 pemain setelah bek Shane Duffy diganjar kartu merah langsung akibat menekel Griezmann yang berpeluang mencetak gol.

Unggul jumlah pemain Prancis makin leluasa menciptakan peluang demi peluang. Pemain pengganti Pierre Andre Gignac punya dua peluang emas. Namun tidak ada yang membuahkan gol. Sepakan Gignac salah satunya membentur mistar gawang.

Griezmann nyaris mencetak hat-trick. Di menit akhir tembakan kaki kiri pemain Atletico Madrid itu dengan gemilang digagalkan oleh Randolph. ***